KB Bukopin Luncurkan Logo dan Nama Baru, Ini Maknanya

Erika Dyah Fitriani - detikFinance
Rabu, 10 Mar 2021 20:50 WIB
KB Bukopin
Foto: Erika Dyah Fitriani
Jakarta -

Presiden Direktur PT KB Bukopin Rivan A. Purwantono mengumumkan peluncuran logo dan nama baru PT Bank KB Bukopin yang telah resmi disetujui oleh Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Adapun transformasi PT Bank Bukopin Tbk menjadi PT Bank KB Bukopin Tbk ini telah mendapat persetujuan melalui Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada Desember 2020 lalu.

"Alhamdulillah ini mendapat respons yang cepat dari regulator OJK, tentu ini adalah suatu proses yang sangat luar biasa, dukungan dari semua pihak, dukungan dari pemegang saham, dukungan dari regulator yang menjadikan kita memperoleh proses percepatan perubahan branding ini," jelas Rivan dalam Press Conference Peluncuran Nama dan Logo Baru PT Bank KB Bukopin di Jakarta, Rabu (10/3/2021).

Diketahui, proses transformasi ini merupakan bagian dari rangkaian aksi korporasi yang disiapkan sejak Juni 2020. Salah satu prosesnya meliputi Kookmin Bank Financial Group (KB FG) asal Korea sebagai pemegang saham mayoritas Perseroan ini. Adapun untuk jumlahnya, KB FG menjadi Pemegang Saham Utama Perseroan dengan saham sebesar 67%.

"Keberadaan PSP baru ini sangat meningkatkan kepercayaan masyarakat. Kita tahu ini tidak mudah di tengah pandemi yang luar biasa tapi kami membuktikan, saya memimpin organisasi dan perusahaan ini dengan transformasi yang luar biasa," terangnya.

Dalam kesempatan ini, Rivan pun mengungkap makna dari branding terbaru KB Bukopin. Simbol KB, lanjutnya, mencerminkan ambisi untuk menjadi brand finansial yang terkemuka di Industri Keuangan Tanah Air.

"Simbol Star-b yang mengandung makna bintang, menunjukkan perspektif orientasi masa depan KB Financial Group dan keinginan yang tinggi untuk melesat ke kelas dunia," ungkapnya.

Sementara warna kuning yang digunakan sebagai branding perseroan ini, lanjut Rivan, merupakan lambang kesegaran baru yang dibawa oleh KB Kookmin Bank.

"Teknologi terbaru dan dukungan jaringan global menjadi modal Bank KB Bukopin menyediakan layanan finansial terbaik bagi Indonesia" tambahnya.

Keberadaan PSP baru ini sangat meningkatkan kepercayaan masyarakat. Kita tahu ini tidak mudah di tengah pandemi yang luar biasa tapi kami membuktikan, saya memimpin organisasi dan perusahaan ini dengan transformasi yang luar biasa.

Sementara itu, Chief Strategic Officer PT KB Bukopin Ji Kyu Jang yang mewakili Manajemen Perseroan menyampaikan arah strategi yang akan ditempuh oleh PT KB Bukopin dalam transformasi. Yakni meliputi tiga poin utama antara lain fokus pada bisnis retail, membangun kembali ekosistem UMKM, serta mendirikan Korean-link untuk memanfaatkan jaringan KB di Indonesia.

Ia pun menyampaikan harapannya bagi KB Bukopin untuk masuk ke dalam daftar Top 10 Bank Ternama di Indonesia dalam 5 tahun mendatang.

"Goals kami adalah mencapai 10% ROE dan melakukan diversifikasi portofolio, juga berfokus pada bisnis SME dan juga retail," jelas Jang.

(akn/hns)