ATM di Bali Tak Beroperasi Saat Nyepi, Online Banking Masih Bisa

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Jumat, 12 Mar 2021 10:37 WIB
Close-up of hand entering PIN/pass code for a money transfer, on a ATM/bank machine keypad outside
Foto: Getty Images/iStockphoto/PKpix
Jakarta -

Layanan mesin ATM di Provinsi Bali mulai dari penarikan tunai sampai transaksi lainnya tak beroperasional saat Hari Suci Nyepi.

Dikutip dari Antara Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Bali Trisno Nugroho mengungkapkan penontaktifan ini akan dilakukan secara bertahap pada 13 Maret 2021 mulai pukul 12.00 WITA.

"Untuk memperingati kesucian Hari Nyepi Tahun Baru Caka 1943 yang jatuh pada 14 Maret mendatang, layanan mesin ATM di Bali memang akan dinonaktifkan," kata dia dikutip dari Antara, Jumat (12/3/2021).

Trisno mengatakan operasional akan kembali seperti biasa pada Senin 15 Maret pukul 07.00 WITA. Dia mengungkapkan agar masyarakat bisa melakukan transaksi sebelum jadwal penonaktifan dilakukan.

"Dengan demikian kegiatan layanan penarikan dan penyetoran kas perbankan, serta kegiatan pertukaran warkat debet baik cek/bilyet giro ditiadakan," tambah dia.

Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk (BCA) Jahja Setiaatmadja mengungkapkan memang seluruh ATM akan mati di Bali saat hari raya Nyepi.

"Internet dan mobile banking berfungsi kalau ada internetnya," jelas dia.

Jahja mengungkapkan penonaktifan ini sesuai dengan arahan Pemerintah Provinsi Bali.

Simak juga video 'BNPB Larang Warga ke Luar Kota Selama Libur Isra Mikraj dan Nyepi':

[Gambas:Video 20detik]



(kil/ang)