Bukan Saham atau Bitcoin, Reddit Army Kini 'Buru' Gorila

Soraya Novika - detikFinance
Rabu, 17 Mar 2021 09:35 WIB
Menjembatani komunikasi bisa menjadi tantangan tersendiri, terlebih ketika bahasa yang digunakan atau budayanya sama-sama berbeda. Kisah viral ini dipercaya datang dari perawat di China yang tidak terlalu menguasai bahasa Inggris namun mencoba menjelaskan aturan makan untuk pasien bule.

Catatan tersebut tersebar di forum Reddit oleh pengguna bernama WaspDog yang kemudian populer dan diartikan dengan makna yang berbeda-beda dari para netizen. Kebanyakan justru menuliskan pesan-pesan dengan kalimat nyeleneh.

Baca juga:

Namun ada juga yang mengartikan pesan tersebut sebagai suatu bentuk perhatian manis dari sang perawat.
Foto: Reddit

Sebelumnya, investor WallStreetBets mampu menggerakkan saham GameStop sampai melonjak lebih dari 1.500% awal tahun ini, menekan dana lindung nilai yang telah mempersingkat saham dan memicu perdebatan tentang apakah akses investor ritel ke Wall Street sama dengan akses investor institusional besar.

Satu poster WallStreetBets mengatakan pada hari Senin lalu bahwa lonjakan donasi untuk membantu menyelamatkan gorila menunjukkan manfaat membuat perdagangan saham lebih mudah diakses oleh individu.

Beberapa anggota grup dalam beberapa hari ini juga membahas menyumbangkan sebagian dari 'tendies' (atau pendapatan) mereka dari perdagangan saham GameStop kepada pekerja di toko pengecer game.

"Kera di Reddit akan menggunakan (keuntungan) untuk disumbangkan untuk tujuan baik, membayar tagihan medis, membantu yang membutuhkan di komunitas mereka," kata pengguna tersebut.

"Saya tidak sabar menunggu kekayaan dikembalikan kepada si kecil dan membuat semua orang mendapat manfaat darinya," tulis yang lainnya.

Saham GameStop turun dengan cepat menjadi sekitar US$ 350 selama hiruk pikuk perdagangan Januari. Namun dalam beberapa pekan terakhir, saham itu mulai naik lagi dan diperdagangkan sekitar US$ 200 pada hari Senin, naik lebih dari 66% sejak awal bulan ini.

Banyak anggota WallStreetBets mengatakan mereka masih memegang saham itu, dengan harapan keuntungan akan terus berlanjut.

Dian Fossey mengatakan dalam utas tweet-nya bahwa gorila sebenarnya adalah investasi besar, menambahkan bahwa dana akan digunakan untuk melacak, memantau, dan mempelajari gorila liar dan habitatnya.

"Gorila hidup di Lembah Kongo, hutan hujan terbesar kedua di dunia dan merupakan pertahanan alami melawan #climatechange," kata kelompok itu.

"Saat kita menyelamatkan gorila, kita menyelamatkan planet. Bagaimana dengan #ROI?"

CEO organisasi, Tara Stoinski, juga memposting video ke WallStreetBets, berterima kasih kepada Redditor yang membantu menyalurkan donasi.

"Hai WallStreetBets ... Saya baru saja mengetahui bahwa Anda telah mengadopsi gorila melalui situs web kami," kata Stoinski dalam video tersebut.

"Saya hanya ingin mengucapkan terima kasih banyak atas dukungan yang luar biasa ini," sambungnya.


(fdl/fdl)