BRI Mau Gelar Rights Issue Demi Holding Ultra Mikro

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Kamis, 18 Mar 2021 13:14 WIB
Gedung BRI
Foto: Shutterstock
Jakarta -

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk akan menggelar rights issue pada kuartal III ini dalam rangka holding ultra mikro. Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo mengatakan, keterbukaan informasi akan segera disampaikan usai konsultasi dengan Komisi VI DPR.

"Nantinya akan ada keterbukaan informasi yang akan kami sampaikan segera setelah ada konsultasi DPR ini, di mana BRI akan melakukan rights issue diharapkan akan terjadi triwulan III," katanya saat rapat dengan Komisi VI, Kamis (18/3/2021).

Dia mengatakan, rights issue akan diikuti dengan penyetoran seluruh saham Seri B PT Pegadaian (Persero) dan PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM. Langkah ini telah mendapat persetujuan dari Komite Privatisasi.

"Right issue ini akan diikuti pemerintah dalam bentuk penyetoran seluruh saham seri B Pegadaian, PNM dan ini telah disetujui dengan Komite Privatisasi tadi," katanya,

Dia bilang, pemerintah tetap memegang saham seri A dwi warna. Jadi, pemerintah masih memiliki kendali terhadap Pegadaian dan PNM.

"Pemerintah akan menyetorkan dalam bentuk non tunai, bukan dalam bentuk tunai dan pemerintah akan mempertahankan satu lembar saham dwi warna di Pegadaian, PNM sehingga secara kontrol pemerintah masih memiliki kontrol atas Pegadaian dan PNM melalui saham dwi warna di situ," terangnya.

(acd/eds)