Kapan Kartu ATM 'Gesek' Diblokir? Cek Jadwalnya di Sini

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Selasa, 30 Mar 2021 19:30 WIB
Mesin pembayaran non tunai Electronic Data Capture (EDC)
Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Nasabah bank yang masih menggunakan kartu ATM/debit berteknologi magnetic stripe harus mengganti ke kartu debit yang berteknologi chip.

Dengan kartu yang menggunakan chip, transaksi bisa lebih aman dan nyaman. Jangan khawatir, bank juga tidak mengenakan biaya lho untuk penggantian kartu ini.

Para pemegang kartu bisa langsung mendatangi kantor cabang bank atau mesin customer service digital dan menukarkan kartu debit gesek yang lama ke kartu debit chip yang baru.

Beberapa bank memberikan batas waktu yang berbeda-beda untuk penukaran ini. Jika pemegang kartu melewati batas, maka pihak bank akan menonaktifkan kartu sehingga tak bisa digunakan.

Cek di sini yuk untuk jadwal penukarannya:

Bank Mandiri

Bank Mandiri memberikan batas waktu sampai 1 April 2021 untuk kartu yang kedaluwarsa 2021-2022. Kemudian untuk kartu yang kedaluwarsa pada 2023-2025 akan diblokir pada 1 Juni 2021 dan kartu kedaluwarsa 2026-2030 diblokir tanggal 1 Juli 2021.

BNI

Direktur Bisnis Konsumer BNI Corina Leyla Karnalies mengungkapkan jika ada nasabah yang masih menggunakan kartu ATM jenis magnetic stripe baik yang masa berlakunya berakhir atau jatuh tempo maka harus segera diganti.

"Maka diharuskan untuk segera melakukan penggantian kartunya paling lambat 30 April 2021. Jika sampai dengan batas waktu tersebut belum dilakukan penggantian kartu menjadi kartu BNI debit chip, maka BNI dapat melakukan penonaktifan kartu debit tersebut," kata dia.

BCA

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) mendorong pemegang kartu Paspor BCA untuk mengganti kartu ATM berbasis chip sebelum 31 Desember 2021. Direktur BCA Santoso mengungkapkan ini dilakukan untuk meminimalisir tindak kejahatan dalam bertransaksi perbankan.

Santoso mengungkapkan memang sejak 2015 BI sudah mencanangkan implementasi Standar Nasional Teknologi Chip dan penggunaan 6 digit PIN untuk kartu ATM/kartu debit yang diterbitkan di Indonesia.

BRI

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI menargetkan jika migrasi kartu ATM 'gesek' atau magnetic stripe ke chip ini bisa selesai pada Desember 2021. Corporate Secretary BRI Aestika Oryza Gunarto mengungkapkan BRI juga mengedukasi nasabah untuk melakukan transaksi tunai tanpa kartu dengan menggunakan aplikasi BRImo yang saat ini dapat dilakukan di 92% ATM dan CRM BRI.

(kil/ang)