DP KPR dan Kendaraan Bisa 0%, Sudah Ada Bank yang Salurkan?

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Selasa, 20 Apr 2021 17:10 WIB
Bank Indonesia (BI) memutuskan untuk menurunkan lagi suku bunga acuannya. Kini BI 7 Days Repo Rate turun jadi 5,5%.
Gubernur BI Perry Warjiyo/Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Bank Indonesia (BI) telah menerbitkan aturan terkait uang muka atau DP 0% untuk kredit pemilikan rumah (KPR) dan kredit kendaraan bermotor (KKB).

Gubernur BI Perry Warjiyo mengungkapkan sudah ada bank-bank yang mulai menerapkan DP 0% ini. Tapi memang sesuai dengan preferensi masing-masing bank.

"Sudah ada, memang itu jadi preferensi bank yang tentu saja berbeda dari bank ke bank lain," kata dia dalam konferensi pers, Selasa (20/4/2021).

Dia mengungkapkan sudah mulai terlihat dari KKB dan KPR. Kemudian kredit properti juga mengalami peningkatan terutama untuk segmen menengah ke atas.

"Itu mengalami peningkatan, kelihatan masyarakat juga mulai terlihat untuk pembelian properti rumah tapak dan apartemen," tambah dia.

Sebelumnya BI mengeluarkan Peraturan Bank Indonesia (PBI) No. 23/2/PBI/2021 tentang Perubahan Ketiga atas PBI No. 20/8/PBI/2018 tentang Rasio LTV Untuk Kredit Properti, Rasio FTV untuk Pembiayaan Properti, dan Uang Muka untuk Kredit atau Pembiayaan Kendaraan Bermotor (PBI LTV/FTV dan Uang Muka). Ketentuan ini berlaku efektif 1 Maret 2021.

Untuk menjaga prinsip kehati-hatian BI juga menyertakan pengaturan dalam kebijakan ini. Salah satunya dengan memperhatikan rasio kredit atau pembiayaan bermasalah alias Non Performing Loan (NPL)/Non Performing Financing(NPF) dari bank maupun perusahaan pembiayaan.

Pengaturan mengenai persyaratan rasio NPL/NPF tetap yaitu:

- rasio NPL/NPF untuk total kredit/pembiayaan secara bruto kurang dari 5%; dan- rasio NPL/NPF dari KP/PP secara bruto kurang dari 5%.

Jika bank memenuhi persyaratan NPL tersebut maka bisa menerapkan DP 0% untuk seluruh tipe rumah tapak dan rumah susun serta ruko atau rukan.

Simak juga video 'Bos BCA Bicara DP KPR 0%: Tak Ada Batas Kuota, Tapi...':

[Gambas:Video 20detik]



(kil/ara)