Momen Idul Fitri BRI Siagakan 184 Unit Kerja, Layanan Terbatas

Faidah Umu Sofuroh - detikFinance
Senin, 03 Mei 2021 17:32 WIB
Gedung BRI
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Momen libur Lebaran 2021 PT Bank Rakyat Indonesia, Tbk tetap membuka layanan perbankan namun dengan operasional layanan terbatas. Direktur Jaringan dan Layanan BRI Arga M. Nugraha mengatakan akan ada 184 unit kerja operasional BRI di seluruh Indonesia yang tetap beroperasi pada 12 dan 15 Mei 2021.

"Sebanyak 184 unit kerja operasional kami yang tersebar di seluruh Indonesia tetap beroperasi untuk memberikan layanan operasional terbatas pada tanggal 12 dan 15 Mei 2021 dengan waktu operasional sejak pukul 8 pagi hingga 2 sore waktu setempat," jelas Arga dalam Press Conference Kesiapan Layanan BRI pada Libur Lebaran 2021 yang digelar secara virtual, Senin (3/5/2021).

Adapun jenis layanan perbankan yang tersedia antara lain, pembukaan rekening, penarikan simpanan, setoran pinjaman dan juga jual beli bank notes atau mata uang asing. Selain itu, BRI juga memberikan layanan penebusan setoran Pertamina berupa BBM/Non-BBM di 135 unit kerja operasional. BRI juga melayani pick up service bersama ASDP di 37 unit kerja operasional.

Untuk memenuhi kebutuhan uang kecil selama Lebaran, lanjut Arga, BRI juga telah melaksanakan penukaran uang pecahan kecil (UPK) di 20 kantor unit kerja atau cabang BRI se-Jabodetabek sejak 13 April -11 Mei 2021. Sementara pada 17 Mei 2021, BRI akan kembali beroperasi secara normal.

Meskipun transaksi cashless atau transaksi digital meningkat pesat, BRI tetap mempersiapkan uang tunai senilai Rp 36,7 triliun untuk periode libur Lebaran tahun ini. Jumlah ini meningkat sekitar 8% dibandingkan dengan realisasi tahun lalu.

"Ini kami siapkan betul mengingat mulai meningkatnya aktivitas ekonomi masyarakat. Namun kami juga menyeimbangkan nominal ini dengan mempertimbangkan juga atau pergeseran transformasi karena sepanjang tahun lalu kita lihat angka-angka transaksi digital kami naik pesat," imbuh Arga.

Sementara untuk transaksi digital, lanjutnya, BRI juga menyediakan berbagai fasilitas antara lain, internet banking serta aplikasi digital mobile banking atau BRImo. Masyarakat juga bisa memanfaatkan jaringan agen BRILink yang sudah tersebar di seluruh Indonesia.

Terakhir, BRI juga memastikan kesiapan jaringan dan layanan seperti mesin ATM dan CRM yang lengkap di seluruh Indonesia. Tercatat ada 16.558 mesin ATM, 5.707 mesin CRM, serta 454.097 agen BRILink yang tersebar di seluruh Indonesia dan siap melayani kebutuhan perbankan nasabah.

"Kami juga terus berkomitmen untuk menjaga service level untuk pelanggan kami juga menyiapkan layanan melalui contact center kami yang bisa dihubungi lewat call center 14017 atau 1500017 dan juga melalui akun media sosial kami yang resmi," pungkasnya.

(prf/hns)