Viral Uang Khusus Rp 75 Ribu Ditolak Pedagang Sate

Danang Sugianto - detikFinance
Jumat, 14 Mei 2021 06:30 WIB
Uang Khusus Kemerdekaan RI ke-75
Foto: detikcom
Jakarta -

Seorang penjual sate muncul di salah satu video yang viral di TikTok. Penjual sate itu tidak mau menerima pembayaran dengan uang kertas Rp 75 ribu.

Video itu diunggah oleh akun TikTok @tasripin_007. Dia menyorot ibu-ibu penjual sate sambil memegang uang selembar Rp 75 ribu.

"Ini saya mau bayar sate pake uang yang baru Rp 75 ribu, tapi ibu ini nggak mau nerima, katanya ini uang nggak bisa dipakai," ucapnya dikutip Kamis (13/5/2021).

Seorang pria terdengar menimpali pembuat video tersebut yang mengatakan bahwa ibu penjual sate tersebut hanya tidak tahu tentang uang yang paling baru dikeluarkan BI tersebut.

"Bukan nggak bisa dipakai mas, orangnya belum tau," tukasnya.

Pria pembuat video tersebut mengaku sudah menjelaskan kepada ibu penjual sate tersebut. Akhirnya dia menyatakan bahwa dia tidak jadi membeli satenya.

"Iya makanya ini kan udah saya kasih tau, tapi tetep nggak mau diterima. Yaudah ni jadi saya nggak jadi beli ya, ni uangnya nggak mau diterima. Makasih," tuturnya sambil mengakhiri video tersebut.

Bank Indonesia (BI) sendiri telah menjelaskan uang kertas Rp 75 ribu itu bisa dimanfaatkan berbagai hal, salah satunya berbelanja. Baca di halaman berikutnya.

Melansir akun Instagram resmi @bank_indonesia, Kamis (13/5/2021), uang Rp 75 ribu merupakan Uang Peringatan Kemerdekaan (UPK) RI yang diluncurkan tahun lalu. Meski uang khusus namun uang tersebut tak hanya sebagai koleksi tapi juga sah digunakan untuk bertransaksi semua kebutuhan.

BI menyatakan ada 5 hal yang bisa dilakukan dengan UPK Rp 75 ribu tersebut.

1. Belanja

Uang Rp 75 ribu itu sudah dinyatakan sah untuk digunakan bertransaksi. Sehingga bisa digunakan untuk berbelanja untuk memenuhi segala macam kebutuhan.

2. THR

Uang Rp 75 ribu ini juga bisa dimanfaatkan untuk memberikan THR atau salam tempel saat Lebaran seperti hari ini. Dengan pecahan yang baru, setidaknya cukup menarik digunakan untuk berbagi dengan sanak saudara.

3. Mahar Pernikahan

Uang Rp 75 ribu juga bisa digunakan sebagai mahar pernikahan. Tapi disarankan jangan sampai rusak ya, agar tetap terlihat menarik.

4. Budaya

Dengan desain dan tampilannya, uang Rp 75 ribu juga bisa dimanfaatkan sebagai media mengenalkan kebudayaan. Di salah satu sisinya terlihat gambar deretan anak kecil yang menggunakan baju adat dari berbagai suku.

5. Koleksi

Nah karena terbilang spesial, uang Rp 75 ribu juga bisa disimpan sebagai koleksi.

(das/eds)