Cek Nih! Daftar Biaya Transaksi BRI di ATM

Angga Laraspati - detikFinance
Senin, 24 Mei 2021 20:17 WIB
Ilustrasi BRI
Foto: Dok. BRI
Jakarta -

BRI mengatakan transaksi cek saldo dan tarik tunai masih Rp 0 alias gratis dengan menggunakan kartu debit BRI melalui ATM atau CRM BRI. Sementara untuk di ATM Link terdapat biaya transaksi seiring dengan kebijakan terbaru. Lalu berapa perbandingan biaya transaksi kartu debit BRI di ATM Link?

Diketahui, BRI memiliki 16.538 mesin ATM BRI dan 5.700 mesin CRM BRI yang tersebar di seluruh Indonesia. Untuk cek saldo di ATM BRI, nasabah tidak dipungut biaya sepeser pun atau gratis bila melakukan transaksi lewat aplikasi BRImo dan ATM BRI atau link BRI.

Biaya serupa juga bisa didapatkan ketika nasabah BRI melakukan transfer ke sesama BRI di kedua jaringan ini. Sama halnya dengan transaksi tarik tunai, BRI akan membebaskan biaya nasabahnya ketika melakukan transaksi pada ATM BRI atau link BRI.

"Khusus nasabah dengan Kartu Debit BRI, untuk transaksi cek saldo dan tarik tunai, bahkan transfer sesama BRI di ATM-BRI tidak dipungut biaya sedikit pun atau gratis," ungkap Corporate Secretary BRI Aestika Oryza Gunarto dalam keterangan tertulis beberapa waktu yang lalu.

Sebagai salah satu anggota Himbara, nasabah BRI juga mendapat keuntungan bertransaksi di ATM bank Himbara lain yang bertanda ATM Link yang berjumlah lebih dari 45 ribu ATM. Biaya transaksi BRI diklaim masih lebih murah jika dibandingkan dengan biaya transaksi di jaringan selain ATM Link.

Untuk transaksi di ATM Link atau ATM bank Himbara, nasabah BRI dikenakan biaya sebesar Rp 2.500 untuk cek saldo, Rp 5.000 untuk tarik tunai, dan Rp 4.000 untuk transfer antar bank Himbara. Kebijakan ini akan berlaku per 1 Juni 2021.

Selain itu, nasabah juga dapat melakukan transaksi di ATM Bersama dan ATM Prima. Untuk biaya transaksi di jaringan ATM Bersama dan ATM Prima, nasabah dikenakan biaya Rp 4.000 (cek saldo), Rp 7.500 (tarik tunai), dan Rp Rp 6.500 (transfer).

Pilihan lain untuk nasabah BRI di era new normal untuk transaksi adalah dengan menggunakan layanan keuangan digital BRI mulai dari aplikasi BRIMo, Internet Banking BRI, hingga Mobile/SMS Banking BRI.

Khusus aplikasi BRImo, ini merupakan aplikasi yang mengintegrasikan beberapa aplikasi e-banking BRI yang dapat diakses melalui gawai (iPhone dan Android) serta aplikasi tambahan lainnya. BRI juga telah mengembangkannya menjadi SuperApps dan ditargetkan akan menjadi supermarket finansial.

(akd/hns)