Aktif Dukung Ekspor, BNI Raih Consulate Award 2020

Yudistira Perdana Imandiar - detikFinance
Jumat, 04 Jun 2021 20:58 WIB
BNI
Foto: Dok. BNI
Jakarta -

Menjelang peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) memperoleh penghargaan dari Konsulat Jenderal RI untuk Hong Kong dan Macau dalam ajang Consulate Award 2020. Penghargaan diberikan atas dukungan BNI terhadap ekspor produk-produk Indonesia ke dua negara tersebut.

"BNI Kantor Cabang Hong Kong mendapatkan apresiasi atas konsistensinya mendukung ekspor produk-produk Indonesia ke Hong Kong dan China. Penghargaan ini disampaikan oleh Konsul Jenderal RI untuk Hong Kong dan Macau, Bapak Ricky Suhendar dalam ajang Consulate Award 2020 yang diselenggarakan di Hong Kong, tanggal 4 Juni 2021," ujar Direktur Treasury dan International BNI Henry Panjaitan dalam keterangan tertulis, Jumat (4/6/2021).

Pada kesempatan itu, Konsul Jenderal (Konjen) RI untuk Hong Kong dan Macau, Ricky Suhendar menyampaikan BNI Hong Kong telah memberikan upaya terbaik dalam mendorong ekspor dari Tanah Air. Peran BNI Hong Kong, ulasnya, antara lain pemberian kredit kepada perusahaan-perusahaan di Hong Kong yang selama ini menjadi distributor dan pembeli produk-produk asal Indonesia untuk dipasarkan di Hong Kong dan di China.

Ricky menambahkan penghargaan kepada BNI Hong Kong juga diberikan karena peran BNI Hong Kong dalam memberdayakan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang ada di Hong Kong dan Macau. Program pemberdayaan ini merupakan hasil sinergi BNI dengan KJRI yang disiapkan untuk memberikan pembekalan bagi PMI setelah selesai masa kontrak kerjanya.

Sementara itu, Henry Panjaitan mengungkapkan aktivitas BNI Hong Kong dalam mendorong ekspor, terutama ekspor para UMKM, merupakan salah satu bagian dari strategi BNI untuk go global. Kantor Cabang BNI di luar negeri juga aktif untuk memberikan pembiayaan kepada diaspora-diaspora Indonesia terutama yang mengimpor barang-barang dari Indonesia.

Pemilik perusahaan Forever Harvest Co Ltd yang menjadi distributor produk-produk dari Indonesia, Alex Chu sukses mengatakan fasilitas kredit impor sebesar HK$ 2 juta dari BNI Hong Kong membantu bisnisnya berkembang. Alex Chu mengungkapkan kredit yang diperolehnya ini sangat membantu kelancaran usahanya, karena pembelian barang dari Indonesia menjadi lebih mudah dan murah, dan arus kasnya menjadi lebih lancar.

Alex Chu yang juga menerima penghargaan Consulate Award mengungkapkan komitmennya untuk terus mengimpor produk dari Indonesia dan menjualnya di Hong Kong.

"Saya siap membantu jika ada UMKM nasabah BNI yang ingin mencoba memasuki pasar Hong Kong," kata dia.

Consulate Award 2020 ini merupakan event pertama yang diadakan oleh KJRI Hong Kong untuk memberikan penghargaan kepada pihak-pihak yang telah memberikan kontribusi signifikan terhadap hubungan ekonomi Indonesia dan Hong Kong.

(akn/ega)