Ini Dia Angger Yuwono Bos Baru Jiwasraya

Faidah Umu Safuroh - detikFinance
Selasa, 08 Jun 2021 14:55 WIB
Angger P. Yuwono.
Foto: Dok. Jiwasraya
Jakarta -

Menteri BUMN Erick Thohir melalui Keputusan Menteri BUMN Nomor SK-185/MBU/06/2021 menunjuk Angger P. Yuwono sebagai Direktur Utama PT Asuransi Jiwasraya (Persero). Angger yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Teknik di Jiwasraya menggantikan posisi Hexana Tri Sasongko yang saat ini diutus menjadi Wakil Direktur Utama Indonesia Financial Group (IFG) atau Induk Holding BUMN Perasuransian dan Penjaminan.

Sekretaris Perusahaan Jiwasraya Kompyang Wibisana mengungkapkan perubahan dan peralihan direksi Jiwasraya ini merupakan bagian dari komitmen pemerintah demi menjamin keberlangsungan program Restrukturisasi Polis Jiwasraya. Dengan adanya perubahan susunan direksi baru tersebut, lanjutnya, manajemen baru Jiwasraya pun optimistis program restrukturisasi Jiwasraya yang telah memasuki fase akhir atau persiapan migrasi polis ini dapat terlaksana sesuai jadwal yang telah ditetapkan.

"Keputusan perubahan susunan direksi ini juga merupakan bentuk tanggung jawab pemerintah bersama manajemen baru Jiwasraya untuk menyelamatkan manfaat polis yang dimiliki peserta asuransi Jiwasraya," ungkap Kompyang dalam keterangan tertulis, Selasa (8/6/2021).

Menjabat sebagai Dirut Jiwasraya, Angger bukanlah orang baru di industri keuangan khususnya perasuransian. Pria kelahiran Magelang 1959 itu sudah malang melintang di industri asuransi. Pada awal kariernya, yaitu tahun 1985-1987, Angger menjadi Dosen pengajar matematika di Universitas Respati, Akademi Bina Nusantara (BINUS). Maklumlah, Angger adalah lulusan Matematika di Institut Teknologi Bandung (ITB).

Barulah pada 1987-1988, Angger memulai perjalanan kariernya di industri asuransi. Ia dipercaya menjabat sebagai Manajer Aktuaria & IT di PT Asuransi Mukjizat Utama. Di perusahaan ini, Angger menjadi penanggung jawab aktuaria, melakukan product pricing dan valuasi sampai merancang aplikasi administrasi polis.

Tak berselang lama, pada 1988-1990, Angger kembali dipercaya menjabat menjadi Manajer Aktuaria & IT di PT Asuransi Bdui Karsa Insani dengan pekerjaan yang sama ketika menjabat di Asuransi Mukjizat Utama.

Adapun pada 1990-1999, Angger menduduki jabatan sebagai Direktur & Aktuaria di Cigna Life Indonesia. Di sana, Angger memimpin Divisi Aktuaria, Divisi Underwriting, Divisi Klaim hingga IT. Bahkan, dalam tahun-tahun itu, Angger pernah merangkap jabatan sebagai Direktur Perusahaan Korporasi.

Tak berhenti di situ, Angger pun melangkahkan jejak kariernya menjadi Direktur & Aktuaria di PT AIA Indonesia pada 1999-2001. Di perusahaan AIA Group ini, selain memimpin Divisi Aktuaria, Divisi Underwriting dan Klaim serta IT, Angger menjadi Associate Director Bidang Marketing yang memimpin Divisi Distribusi Alternatif serta Divisi Pengembangan Bisnis.

Setelah lepas dari posisi itu, pada 2001-2004, Angger kemudian dipercaya menduduki jabatan tertinggi sebagai Direktur Utama PT Asuransi Jiwa Tugu Mandiri. Dalam posisinya itu, ia memimpin keseluruhan jalannya perusahaan.

Lanjut ke halaman berikutnya, masih ada info menarik.

Selanjutnya
Halaman
1 2