Gandeng BRI, MoneyGram Ingin Layani Kirim Uang dari Desa ke Seluruh Dunia

Erika Dyah - detikFinance
Kamis, 10 Jun 2021 14:00 WIB
MoneyGram Chief Revenue Officer, Grant Lines
Foto: Erika Dyah
Jakarta -

Perusahaan asal Amerika Serikat, MoneyGram, yang menyediakan layanan pengiriman uang secara global kembali melakukan kerja sama dengan industri perbankan dalam negeri. Kali ini, MoneyGram menjalani kemitraan strategis bersama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI).

"Kemitraan strategis antara MoneyGram dan BRI menjadi penting karena ini menggabungkan pengalaman tingkat global dari MoneyGram dengan jangkauan BRI yang bisa mencapai seluruh Indonesia," ungkap MoneyGram Chief Revenue Officer, Grant Lines kepada wartawan, Kamis (10/6/2021).

Ia menjelaskan jaringan MoneyGram telah hadir di 200 negara dan wilayah di seluruh dunia dengan lebih dari 400.000 lokasi fisik. Ia pun mengatakan MoneyGram telah berkembang melayani hampir 150 juta orang di seluruh dunia selama 5 tahun terakhir.

Sementara itu, lanjut Grant, BRI memiliki lokasi cabang yang tersebar sangat luas di Indonesia yakni dengan adanya lebih dari 9.000 cabang di seluruh Indonesia. Bahkan, cabang-cabang ini juga menjangkau berbagai daerah pedesaan.

Menurutnya, pengalaman MoneyGram yang telah dipercaya banyak pelanggan di seluruh dunia serta jangkauan BRI yang mencakup daerah pedesaan di Indonesia bisa menghadirkan pilihan dan kemudahan bagi masyarakat dalam melakukan transaksi pembayaran yang efisien. Adapun transaksi ini mencakup pengiriman dan pengambilan uang ke dan dari seluruh dunia.

Grant menjelaskan, transaksi pembayaran ini bisa dilakukan secara langsung melalui lokasi fisik/agen MoneyGram, maupun secara online melalui website atau aplikasi MoneyGram Online (MGO). Melalui layanan ini, pengguna dapat mengirim uang hampir secara real time kepada keluarga, kerabat, ataupun rekan lainnya.

Grant mengungkap kerja sama ini bukan yang pertama kali dilakukan pihaknya di Indonesia.

"Moneygram sendiri telah menjalin kolaborasi dengan sejumlah bank di Indonesia seperti bank BCA, CIMB, BTN, dan kini juga menjalin kolaborasi dengan BRI. Selain itu, Moneygram juga menjalin kolaborasi dengan mitra non-perbankan seperti Pacto, Adisena, dan juga memiliki akses pada jaringan di Pos Indonesia," jelasnya.

Selain itu, Grant pun melihat tren pengiriman uang di Indonesia yang terus bergerak ke arah digital dengan adanya digital wallet seperti GoPay dan OVO dapat menjadi strategi dalam pengembangan layanannya.

Ia berharap kemitraan strategis dengan BRI ini dapat membantu masyarakat Indonesia memiliki pilihan yang sangat baik dan luas dalam hal pengiriman uang secara digital. Grant pun menekankan ke depannya akan terus fokus mengembangkan Moneygram untuk memberikan pengalaman yang lebih baik, khususnya kepada pelanggan di Indonesia.

(mul/hns)