Dahlan Iskan Cerita Tak Ambil Fasilitas Kartu Kredit saat Jadi Bos PLN

Siti Fatima - detikFinance
Kamis, 17 Jun 2021 17:17 WIB
Mantan Menteri BUMN Dahlan Iskan tampak bersemangat ikut senam
Foto: Rois Jajeli
Jakarta -

Mantan Direktur Utama PLN Dahlan Iskan buka-bukaan soal fasilitas kartu kredit dari BUMN. Dia mengatakan, bahwa memang ada fasilitas kartu kredit yang bisa digunakan untuk pejabat perusahaan. Namun, dirinya tak menerima fasilitas tersebut.

"Jadi pada zaman saya jadi Dirut itu, Direksi memang diberi hak untuk punya kartu kredit perusahaan tapi tidak semua direksi mengambil, yang jelas saya tidak, Pak Nur Pamudji tidak. Artinya perusahaan memang memberi tahu ke semua Direksi boleh mempunyai kartu perusahaan dan boleh juga tidak," kata Dahlan saat dihubungi detikcom, Kamis (17/6/2021).

Lebih lanjut, fasilitas kartu kredit perusahaan pun memiliki batas penggunaan. Menurut mantan Menteri BUMN ini, kartu 'magic' tersebut hanya bisa digunakan untuk membayar biaya makan saat bersama tamu.

"Jadi hanya boleh untuk makan bersama tamu agar kami tidak di traktir oleh rekanan. Tapi selebihnya tidak boleh, misalnya untuk apapun, tidak boleh, untuk hotel tidak boleh, untuk tiket tidak boleh," ujarnya.

Kecuali jika perusahaan BUMN mengundang tamu untuk makan malam. Dia mengatakan, pihaknya dapat menggunakan kartu kredit tersebut untuk mentraktir tamu.

"Mentraktir tamu juga nggak boleh. Tapi kalau ada tamu yang diperlukan oleh PLN, misalnya tamu ahli kemudian diajak makan malam, kita yang mentraktir, boleh (dibayar menggunakan kartu kredit perusahaan)," jelasnya.

(zlf/zlf)