Pakai Kartu Kredit Ahok Rp 30 M Bisa Beli 600.000 BTS Meal-32 Kg Emas

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Kamis, 17 Jun 2021 19:05 WIB
Kartu Kredit Basuki Tjahaja Purnama
Foto: Dok. Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)
Jakarta -

Pengakuan Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok soal limit kartu kredit perusahaan mencapai Rp 30 miliar bikin heboh. Fasilitas kartu kredit yang dipegang dewan direksi, komisaris, hingga manajer itu ingin dihapuskan olehnya.

"Iya, Komisaris Utama dengan limit Rp 30 miliar," kata Ahok, Selasa (15/6/2021).

Ahok juga sempat membagikan foto kartu kreditnya, dari foto tersebut diketahui kartu kredit korporasi di Pertamina bekerja sama dengan Bank Mandiri. Kartu kredit itu memiliki logo Pertamina juga, dan bertuliskan 'Platinum Corporate Card'.

Nama Ahok juga tertulis di kartu tersebut, 'B Tjahaja Purnama'. Masa berlaku kartu kredit itu hingga Januari 2025.

Lalu, kalau berandai-andai uang Rp 30 miliar seperti limit kartu kredit Ahok bisa beli apa saja ya?

3 Mobil Ferrari

Dengan uang Rp 30 miliar, mobil sport mewah seperti Ferrari Portofino M terbaru bisa dibeli lebih dari 1 unit. Ferrari Indonesia sudah resmi memperkenalkan dan menjual Ferrari Potofino M di dealer Ferrari Jakarta.

Kuda besi ini menawarkan mesin turbo yang dikawinkan dengan mesin V8 berkapasitas 3.855cc, mobil kelahiran Italia ini mampu berlari setara dengan 620 Hp dan Torsi 761 Nm. Soal harga Ferrari Indonesia jika melihat pada model yang sama sebelumnya pada 2018 lalu, Portofino M ini diberi harga Rp 9 miliar di luar pajak.

Artinya cukup dengan menggesek kartu kredit Ahok, setidaknya 3 mobil Ferrari jeris baru ini bisa dibeli, tapi belum dengan pajak lho.

32 Kg Emas

Puluhan kilo gram emas bisa dibeli dengan uang Rp 30 miliar seperti limit kartu kredit Ahok. Harga emas hari ini bila dilihat dari situs logam mulia laman perdagangan Antam butik Pulo Gadung mencapai Rp 928.000 per gram.

Emas yang bisa dibeli dengan nominal Rp 30 miliar mencapai 32.327,58 gram atau sekitar 32,3 kilogram.

Apa lagi yang bisa dibeli dengan limit kartu kredit Rp 30 miliar seperti milik Ahok? buka halaman selanjutnya.