Gampang Banget! Perpanjang STNK Bisa Lewat LinkAja, Mau Coba?

Anisa Indraini - detikFinance
Rabu, 30 Jun 2021 14:53 WIB
Polisi dan Samsat menggelar razia STNK di Kalibata, Jakarta Selatan.
Foto: Polisi dan Samsat menggelar razia STNK di Kalibata, Jakarta Selatan. (Alfons-detikcom)
Jakarta -

LinkAja semakin memperluas manfaatnya sebagai Layanan financial technology (fintech). Besutan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu melayani pengurusan perpanjangan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) cukup dari rumah saja.

"Dengan LinkAja mau memperpanjang STNK, bisa. Mau belanja pulsa, bisa. Mau belanja online, bisa. Belanja di pasar tradisional? Bisa juga. Mau bayar GoFood, GrabFood, ojek online? Bisa juga. Jadi apa-apa bisa," kata Direktur Utama LinkAja UMKM Binaan LinkAja, Haryati Lawidjaja dalam virtual media gathering HUT LinkAja ke-2, Rabu (30/6/2021).

Haryati mengatakan di ulang tahun yang kedua ini sudah ada 71 juta pengguna, hingga 400 ribuan merchant tersebar di seluruh Indonesia telah bermitra dengan LinkAja. Dari situ, jumlah transaksi LinkAja tercatat mencapai Rp 1,4 miliar dalam satu tahun terakhir.

"Ada 750 ribu lebih pasar yang kerja sama. Lebih dari Rp 1,4 miliar transaksi dalam satu tahun terakhir," tuturnya.

Layanan perpanjangan STNK lewat LinkAja diharapkan menjadi solusi meminimalkan penyebaran COVID-19 karena masyarakat tidak perlu datang ke kantor Samsat, atau titik pembayaran pajak dan dapat melakukan semua proses pengurusan pajak kendaraan dan STNK, pembayaran pajak dan retribusi lainnya dari rumah.

Untuk menikmati layanan ini, pengguna cukup membuka aplikasi LinkAja, pilih menu Layanan Perpajakan (Tax Services), lalu lakukan pemesanan layanan dan upload berkas (seperti STNK dan KTP).

Selanjutnya, pelanggan memilih jenis layanan pengurusan surat kendaraan bermotor yang akan digunakan serta memasukan detail kendaraan bermotor. Kemudian lakukan pembayaran, dan selanjutnya dokumen akan dijemput oleh kurir untuk kemudian diproses di kantor Samsat dan terdapat proses antar ke alamat pengguna.

Setelah melakukan pembayaran, pelanggan dapat mengecek status pemesanan layanan yang meliputi proses penjemputan dokumen, pemrosesan dokumen dan pengantaran dokumen di bagian Lacak Order. Proses penjemputan, pemrosesan, dan pengantaran dokumen untuk pengurusan STNK akan di proses dalam kurun waktu 3x24 jam.

(aid/dna)