891 Pedagang di Tanah Abang Sudah Terapkan Transaksi Nontunai

Jihaan Khoirunnisaa - detikFinance
Selasa, 27 Jul 2021 14:41 WIB
891 Pedagang Tanah Abang Sudah Terapkan Transaksi Non Tunai
Foto: Dok. bank bjb
Jakarta -

bank bjb Kantor Cabang S. Parman Jakarta menggelar program 'Serbu Pasar Tanah Abang'. Program ini bertujuan untuk membantu para pedagang dalam mengaplikasikan sistem pembayaran nontunai untuk mencegah kontak langsung antara penjual dan pembeli.

Pemimpin Divisi Corporate Secretary bank bjb Widi Hartoto mengatakan dalam mensosialisasikan sistem pembayaran melalui QRIS, pihaknya telah menggandeng PERUMDA Pasar Jaya. Menurut Widi, sejak 4 Juni 2021 kantor cabang tersebut telah melakukan implementasi QRIS di kios-kios dagang Pasar Tanah Abang.

"Hingga 2 Juli 2021 tercatat sebanyak 891 merchant atau kios dagang telah menerapkan sistem pembayaran QRIS. Namun demikian, pihaknya akan terus melakukan pengenalan dan implementasi QRIS dengan target lebih dari 1.000 merchant dapat segera menerapkannya," ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa (27/7/2021).

Selain Akuisisi QRIS, lanjut Widi, bank bjb Kantor Cabang S. Parman juga melakukan penawaran sejumlah produk perbankan bank bjb, yakni Kredit UMKM dan bjb BiSA Laku Pandai (Layanan Keuangan Tanpa Kantor dalam Rangka Keuangan Inklusif).

"Dengan menjadi agen bjb BiSA Laku Pandai, masyarakat dapat memperoleh tambahan pemasukan dari bank bjb sebagai bentuk imbal jasa atas sejumlah jenis pelayanan perbankan yang diberikan kepada masyarakat. Hal ini dapat menjadi titik terang bagi pedagang yang mengalami penurunan pendapatan di tengah pandemi COVID-19," imbuhnya.

Kedua program tersebut dinilainya dapat menunjang kegiatan pelaku usaha Pasar Tanah Abang. Sementara itu, ia menjelaskan akses kredit UMKM bank bjb juga bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan usaha agar tetap dapat produktif dan menghasilkan meski di tengah pandemi COVID-19.

(akd/hns)