BTN Bakal Tutup 29 Jaringan Kantor Lagi, Ada Apa?

Anisa Indraini - detikFinance
Rabu, 28 Jul 2021 17:35 WIB
Seorang nasabah melakukan penarikan dana subsidi gaji di teller Bank BTN cabang Harmoni di Jakarta, Selasa (2/9). PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. didapuk menjadi salah satu Bank penyalur subsidi gaji oleh Pemerintah. Subsidi gaji merupakan salah satu program Pemulihan Ekonomi Nasional yang dirilis pemerintah tanggal 27 Agustus 2020 dimana per awal September ini Bank BTN telah menyalurkan subsidi gaji kepada lebih dari 209.325 pekerja dengan nilai lebih dari Rp 251 miliar.
Foto: dok. Bank BTN
Jakarta -

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) berencana menutup 29 jaringan kantornya tahun 2021 ini. Penutupan terdiri dari 24 kantor kas, 3 kantor cabang pembantu, 1 kantor cabang, dan 1 payment point.

Direktur Distribution & Retail Funding Bank BTN, Jasmin mengatakan 29 jaringan kantor yang ditutup itu berlokasi di Aceh, Jawa, sampai Jabodetabek.

"Tahun ini BTN akan menutup kantor 29. Jadi 1 yang ada di Aceh karena terkait dengan implementasi lembaga keuangan syariah, lainnya kita kebanyakan di Jabodetabek atau di Jawa juga," katanya dalam konferensi pers virtual, Rabu (28/7/2021).

Hal itu dilakukan untuk transformasi model operasional cabang sebagai poin of sales dan service dengan sentralisasi proses operasional ke wilayah. Dalam hal ini dipastikan tidak ada pengurangan karyawan.

"Kita lebih banyak tahun ini untuk meningkatkan produktivitasnya jadi banyak cabang-cabang kita yang masih belum produktif. Salah satu inisiatif strategis tahun ini adalah mengubah model cabang kita yang dulu cuma poin of service nanti kita akan jadikan poin of sales dan fokus pada perlindungan DPK (dana pihak ketiga)," tuturnya.

Jumlah penutupan jaringan kantor BTN pada 2021 ini juga berkurang jauh dibanding tahun lalu.

"Tahun ini tidak sebanyak tahun lalu. Kalau tahun lalu 130-an kita nutup cabang, tahun ini kita 29," tuturnya.

(aid/das)