Dirikan bjb Sekuritas, bank bjb Raih Penghargaan Inovasi Bisnis

Yudistira Imandiar - detikFinance
Jumat, 20 Agu 2021 14:59 WIB
Direktur Utama bank bjb Yuddy Renaldi
Foto: Bank bjb
Jakarta -

bank bjb memperoleh penghargaan kategori 'Innovative Local Financial Business Model' dalam ajang ICAII 2021 yang diselenggarakan salah satu media keuangan nasional. Penghargaan itu diberikan atas inovasi bank bjb mendirikan bjb Sekuritas yang merupakan perusahaan efek daerah (PED) pertama di Indonesia.

bjb Sekuritas diresmikan pada akhir tahun 2020. Kepastian pendirian bjb Sekuritas diperoleh setelah bank bjb menerbitkan akta pendirian PT BJB Sekuritas Jawa Barat. Perseroan terbatas tersebut menjadi anak perusahaan bank bjb yang menaungi pengelolaan PED di Jawa Barat ini.

Melalui bjb Sekuritas, bank bjb memfasilitasi aktivitas transaksi efek bagi masyarakat khususnya di Jawa Barat melalui. Direktur Utama bank bjb Yuddy Renaldi menyampaikan pembentukan PED bjb Sekuritas merupakan tonggak baru dalam perkembangan bisnis perseroan. Pelebaran sayap usaha ini dilakukan untuk menyerap potensi angka pertumbuhan minat berinvestasi saham khususnya di Jawa Barat.

Yuddi menyampaikan sebelumnya bank bjb juga tercatat sebagai bank pembangunan daerah pertama yang ditunjuk sebagai administrator Rekening Dana Nasabah (RDN) Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI).

bjb Sekuritas melayani kegiatan transaksi berbagai efek anggota bursa untuk kepentingan sendiri dan pihak lain, pemasaran efek, pembiayaan transaksi efek, dan kegiatan lain sesuai dengan persetujuan pihak Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Yuddi menjabarkan lewat bjb Sekuritas, bank bjb ingin berkontribusi dalam mendongkrak literasi dan inklusi keuangan pasar modal, yang bermuara pada tujuan optimalisasi potensi ekonomi melalui fasilitas pasar modal. Saat ini perseroan telah menyiapkan infrastruktur serta susunan direksi dan manajemen pengelola sekuritas.

Keberadaan PED pertama di Indonesia ini, lanjut Yuddi, juga diharapkan bakal memberikan kontribusi untuk mendorong pertumbuhan ekonomi daerah serta menekan praktik investasi bodong di tataran masyarakat. bank bjb memastikan bakal menjangkau calon investor dalam area seluas mungkin guna mengakomodasi kepentingan seluruh kelompok masyarakat untuk memanfaatkan pasar modal dan menjadi investor.

(mul/hns)