Strategi Bank Jaga Pelayanan di Tengah Pandemi

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Minggu, 22 Agu 2021 19:32 WIB
Konsistensi Bank DKI dalam meningkatkan kualitas layanan pada nasabahnya diganjar apresiasi sebagai pelayanan terbaik di kategori Bank Pembangunan Daerah (BPD) versi InfoBank.
Foto: dok. Bank DKI
Jakarta -

Sejumlah langkah dilakukan perbankan agar kualitas pelayanan meningkat di tengah pandemi COVID-19. Hal itu juga dilakukan bank daerah, salah satunya Bank DKI.

Hal itu membuat Bank DKI menerima sertifikat ISO 9001:2015 manajemen mutu dari British Standards Institute (BSI) tentang ketentuan pengadaan dan pengelolaan aset tetap.

"Sertifikasi ini memberikan kemantapan Bank DKI dalam melaksanakan proses pengadaan dan pengelolaan aktiva tetap guna memenuhi berbagai kebutuhan operasional perbankan ataupun untuk nasabah serta stakeholder secara berkesinambungan dan berkelanjutan serta dapat memenuhi perundang-undangan dan peraturan yang berlaku," kata Sekretaris Perusahaan Bank DKI, Herry Djufraini dalam keterangannya, Minggu (22/8/2021).

Lebih lanjut, dia mengatakan, penerapan sertifikasi ISO 9001:2015 yang diterima Bank DKI memiliki banyak manfaat di antaranya sistem administrasi dan dokumen dalam perusahaan atau organisasi yang lebih baik, pengelolaan risiko yang lebih terkendali, terbangunnya sistem dasar dalam perusahaan mulai dari aturan antar manusia sampai dengan mengatur proses.

Kemudian, memastikan proses dan tahapan sesuai dengan aturan, serta sebagai bentuk kontrol terhadap top manajemen agar lebih fokus dan konsisten dalam mencapai sasaran mutu perusahaan yang telah ditetapkan.

Sertifikasi ISO 9001:2015 ini diterima perseroan dari BSI, salah satu lembaga sertifikasi yang merupakan counterpart dari National Standards Body of United Kingdom yang telah tersertifikasi secara internasional dan merupakan anggota dari IAF (International Accreditation Forum).

Sistem ISO 9001:2015 sendiri merupakan suatu sistem untuk mengelola mutu/kualitas layanan yang diberikan oleh perusahaan/organisasi yang dirancang untuk membantu perusahaan dalam memastikan bahwa perusahaan dapat memenuhi kebutuhan pelanggan dan stakeholdernya. Serta, dapat memenuhi persyaratan perundangan, hukum, dan peraturan yang terkait dengan produk atau jasa.

Herry menjelaskan, setelah diterimanya sertifikasi ISO 9001:2015 tahap selanjutnya adalah proses implementasi yang nantinya akan diterapkan pada perusahaan. Selain itu, beberapa peningkatan mutu yang telah dilakukan Bank DKI antara lain memaksimalkan standar layanan, mematuhi peraturan dan kebijaksanaan yang berlaku (risk awarness), dan melaksanakan seluruh sistem manajemen ISO 9001:2015 secara berkesinambungan untuk mendukung pencapaian kinerja bisnis.

Adapun mengenai tahap implementasi audit sertifikasi ISO 9001:2015 yang dilakukan Grup Pengadaan & Aktiva Tetap Bank DKI nantinya akan menjadi panduan dalam meningkatkan mutu/kualitas layanan dalam perusahaan terutama dalam proses pengadaan maupun pengelolaan aset tetap yang berada di perusahaan.

"Sertifikasi tersebut menjadi bukti bahwa proses tata kelola yang berjalan di Bank DKI, akan terus ditingkatkan serta mengacu pada standar internasional yang berlaku," tutup Herry.

(acd/dna)