Jepang Cetak Uang Kertas 10.000 Yen Baru, Hologramnya Canggih Banget!

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Jumat, 03 Sep 2021 09:13 WIB
Jepang Cetak Uang Kertas Baru 10.000 Yen
Foto: Dok. ANNnewsCH
Jakarta -

Jepang resmi mencetak ulang uang kertas 10.000 yen. Peresmian ini dilakukan Rabu (1/9) kemarin oleh Menteri Keuangan Jepang Taro Aso dengan menekan tombolsecara simbolis.

Dilansir SoraNews24, Jumat (3/9/2021), hal yang paling mencolok dalam desain baru ini adalah gambar penulis Fukuzawa Yukichi digantikan oleh ekonom Shibusawa Eiichi, yang juga dikenal sebagai bapak kapitalisme Jepang.

Selain perubahan estetika, beberapa penyesuaian fungsional telah ditambahkan. Uang kertas 10.000 yen tersebut diberi tekstur unik untuk membantu orang-orang tuna netra membedakannya dan angka-angkanya juga dicetak lebih jelas untuk membantu orang-orang dari luar Jepang agar dapat mengetahui nilainya secara sekilas.

Tidak hanya itu, uang kertas itu juga memiliki hologram canggih yang tampak bergerak 3D jika dilihat dari sudut yang berbeda.

Setelah pencetakan pertama selesai, uang kertas tersebut akan digunakan untuk membantu perancang mesin seperti ATM dan mesin penjual otomatis sehingga mereka dapat mengidentifikasinya dengan benar.

Selain itu uang kertas 1.000 dan 5.000 yen yang juga didesain ulang akan mengikuti peluncuran serupa dan dijadwalkan untuk mulai dicetak pertama akhir musim gugur ini. Semua uang kertas baru ini diperkirakan memasuki sirkulasi keuangan Jepang sepenuhnya pada paruh pertama tahun 2024.

Lihat juga video 'Canggih! 2025, Jepang Melegalkan Penggunaan Mobil Terbang untuk Umum':

[Gambas:Video 20detik]



(ara/ara)