Tak Pernah Ajukan Kredit, Kok Bisa Tiba-tiba Kena Blacklist Bank?

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Rabu, 15 Sep 2021 14:27 WIB
Illustrasi Uang Rupiah dan Dollar
Tak Pernah Ajukan Kredit, Kok Bisa Tiba-tiba Kena Blacklist Bank?
Jakarta -

Salah satu nasabah bernama Erna Mardiana mengalami kejadian yang tidak menyenangkan. Pasalnya, namanya tiba-tiba masuk dalam daftar kredit macet di data Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) OJK. Padahal Erna tidak pernah melakukan pengajuan kredit ke lembaga tersebut.

Menanggapi hal tersebut Deputi Komisioner Hubungan Masyarakat dan Logistik Anto Prabowo mengungkapkan data SLIK adalah berasal dari Laporan Pelapor (Bank dan LJK pelapor lain).

"Bukan hasil migrasi dari sistem lain/sebelumnya seperti sistem informasi debitur (SID)," kata dia saat dikonfirmasi detikcom, Rabu (15/9/2021).

SLIK adalah catatan informasi riwayat debitur bank dan lembaga keuangan lainnya. Informasinya mencakup kelancaran pembayaran kredit. Jadi seluruh kredit yang diambil oleh nasabah di lembaga keuangan dan bank akan tercatat di dalam SLIK. SLIK juga memiliki tingkatan kelancaran.

Biasanya data SLIK ini jadi salah satu perhitungan bank atau lembaga keuangan ketika ingin menyalurkan kredit. Sebelumnya SLIK ini bernama Sistem Informasi Debitur (SID) yang ada di Bank Indonesia (BI) atau lebih dikenal dengan nama BI Checking.

Per 1 Januari 2018 SID berganti menjadi SLIK dan berada di bawah pengelolaan OJK untuk pengawasan layanan informasi keuangan yang menyediakan informasi debitur (iDeb).

Lihat juga Video: KuTips: Mau Dapat KUR Rp 100 Juta Buat Bisnis? Cek Syaratnya Yuk!

[Gambas:Video 20detik]