Artis-artis Banyak Endorse Saham, OJK Dicolek DPR

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Rabu, 15 Sep 2021 16:23 WIB
Komisi XI DPR RI menggelar rapat kerja dengan OJK untuk membahas kinerja pengawasan terhadap industri jasa keuangan seperti Jiwasraya.
Artis-artis Banyak Endorse Saham, OJK Kena Semprot DPR
Jakarta -

Komisi XI DPR hari ini menggelar rapat kerja dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Pembahasan rapat terkait kinerja dan anggaran OJK.

Dalam sesi tanya jawab anggota komisi XI DPR Misbakhun menagih laporan terkait masalah yang terjadi pada industri asuransi nasional. Misalnya pada kasus Bumiputera dan Jiwasraya.

"Tadi dibahas Pak Wimboh beberapa hal, tapi itu yang up to date, bukan yang fundamental. Sampai sekarang belum pernah saya melihat laporan OJK soal asuransi Bumiputera pak? Sudah sampai mana? Laporan di sini nggak ketemu, di sana nggak ketemu," kata Misbakhun dalam raker, Rabu (15/9/2021).

Dia mengungkapkan, selain Bumiputera, masalah Asuransi Jiwasraya seharusnya perlu diupdate ke DPR. "Kita kan sudah kasih persetujuan yang luar biasa. Di sini nggak disinggung sedikitpun, disenggol aja nggak. Lah ini kita disuruh pura-pura mengawasi atau pura pura menelaah laporan kinerja atau apa pak?" jelasnya.

Menurut dia, untuk laporan ke DPR seharusnya bisa dilengkapi dengan realisasi atau penyelesaian masalah-masalah yang sudah dilakukan oleh OJK.

Dia menyebutkan untuk masalah pasar modal juga seharusnya OJK bisa mengawasi sampai hal terkecil. Contohnya terkait endorse selebgram pada produk saham. Hal ini, menurut Misbakhun justru meresahkan karena yang diminta endorse tidak memiliki kapasitas tertentu.

"Apakah ini layak secara marketing untuk memperkuat pasar modal kita? Apakah ada peraturan yang dilanggar kalau orang melakukan itu? Saya ingin hal-hal yang substansial seperti ini yang dibahas," imbuh dia.

Lanjut ke halaman berikutnya.

Tonton juga Video: Ini Kata Young Investor Pilih Kripto atau Saham

[Gambas:Video 20detik]