bank bjb Raih Penghargaan The Most Resilient Regional Bank 2021

Erika Dyah - detikFinance
Jumat, 24 Sep 2021 20:18 WIB
bank bjb
Foto: Screenshoot/CNBC Indonesia
Jakarta -

bank bjb meraih penghargaan The Most Resilient Regional Bank 2021. Penghargaan ini diberikan oleh CNBC Indonesia dalam acara road to CNBC Indonesia Awards 2021 kategori The Best Regional Bank.

Diketahui, penghargaan ini diterima langsung secara virtual oleh Direktur Konsumer dan Ritel bank bjb Suartini. Adapun penyelenggaraan acaranya disiarkan secara virtual pada Kamis (23/9) di CNBC Indonesia Televisi serta live streaming di CNBCIndonesia.com.

"Kami mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya terhadap predikat yang disematkan CNBC kepada bank bjb sebagai The Most Resilient Regional Bank 2021. Hal ini akan senantiasa menjadi penyemangat bagi kami untuk terus berinovasi menghadirkan layanan prima guna mendorong pertumbuhan ekonomi daerah dan nasional," ungkap Suartini dalam keterangan tertulis, Jumat (24/9/2021).

Lebih lanjut, Suartini mengungkap penghargaan ini diberikan kepada pihaknya dengan tujuan melakukan penilaian dan memberikan apresiasi kepada Bank Pembangunan Daerah (BPD) atas inovasi dan terobosan yang telah diraih.

Menurutnya, di masa pandemi COVID-19, situasi ekonomi daerah maupun nasional mengalami masa sulit. Oleh karena itu, para BPD di berbagai daerah memiliki peran vital untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di wilayahnya masing-masing hingga berdampak pada pertumbuhan ekonomi nasional.

Adapun dorongan ini dilakukan BPD melalui berbagai inovasi dan penyesuaian bisnis. Salah satunya, dengan mengadaptasi teknologi hingga pelayanan prima untuk bisa tetap terwujud. Suartini mengatakan inovasi digital ini merupakan salah satu upaya yang juga diterapkan dan diakselerasi bank bjb selama masa pandemi COVID-19.

Berkat inovasi digital yang dilakukan pihaknya, Suartini mengatakan bank bjb berhasil mencatatkan kinerja positif di tengah pandemi COVID-19. Ia menambahkan di sepanjang 2020 hingga kuartal II 2021, kinerja bank bjb terus tumbuh positif.

Bahkan, pada kuartal II 2021, aset bank bjb tumbuh 20% secara tahunan year on year. Suartini memaparkan pertumbuhan ini berada di atas rata-rata industri perbankan nasional. Hal tersebut juga diiringi pertumbuhan ekuitas hingga NPL yang senantiasa terjaga rendah.

Selain itu, inovasi digital bank bjb selama masa pandemi COVID-19 dinilai berkontribusi secara signifikan pada pertumbuhan bisnis perusahaan. Ia mengungkap capaian fee based income bank bjb dari transaksi digital terus bertumbuh sejak 2019 hingga saat ini.

Lebih lanjut, Suartini menjelaskan pada Juli 2019, fee based income bank bjb mengalami pertumbuhan sebesar 29,04% year on year. Pertumbuhan tersebut terus meningkat sehingga mencapai lebih dari 50% pada pertengahan 2021 ini.

Untuk itu, Suartini menilai penghargaan yang didapat pihaknya kali ini menjadi salah satu apresiasi terhadap upaya seluruh insan bank bjb untuk mengakselerasi peran perusahaan dalam mendorong pertumbuhan ekonomi daerah.

(akn/hns)