Begini Jurus BRI Dukung Pelestarian Lingkungan

Alfi Kholisdinuka - detikFinance
Kamis, 07 Okt 2021 22:52 WIB
Ilustrasi Gedung BRI
Foto: Bank BRI
Jakarta -

PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) menjalankan implementasi keuangan berkelanjutan berbasis nilai-nilai lingkungan sosial dan tata kelola (Environment, Social and Governance/ESG). Hal ini dikatakan jadi komitmen perseroan dalam setiap kegiatan bisnis dan investasi.

Direktur Utama BRI Sunarso, mengatakan dari sisi operasional BRI telah mengembangkan berbagai inisiatif digital dalam business process reengineering untuk mendukung pelestarian lingkungan melalui pengurangan penggunaan kertas dan emisi karbon.

"Dan inisiatif digital dimaksud antara lain berbentuk BRISpot, yaitu digital loan underwriting apps, dan kemudian BRImo itu adalah mobile internet banking, BRI Star adalah digital office, kemudian ada BRI Smart itu adalah digital earning system serta ada digital and to and digital loan apps seperti Pinang (Pinjaman Tenang), dan juga ceria," jelasnya dalam konferensi virtual RUPSLB, Kamis (7/10/2021).

Lebih lanjut, kata dia, BRI juga konsisten dalam memperkuat implementasi ESG atau Environment, Social and Governance sehingga memberikan nilai berkelanjutan kepada seluruh stakeholder. Komitmen BRI dalam penerapan keuangan berkelanjutan ini tercermin dari kinerja perseroan hingga akhir kuartal II 2021.

"BRI mencatat 64,5% dari total kredit atau sebesar Rp 588,6 Triliun merupakan portofolio berkelanjutan yang disalurkan kepada UMKM, kegiatan bisnis berbasis energi baru terbarukan (renewable energy), clean transportation, green building dan lain-lain," jelasnya.

Konsistensi BRI menerapkan nilai-nilai ESG mendapat buah positif dengan diraihnya sejumlah penghargaan oleh perusahaan sepanjang tahun lalu. Mengutip Sustainability Report BRI 2020, terhitung terdapat 17 penghargaan bergengsi dari dalam dan luar negeri yang diraih BRI sepanjang 2020 karena dinilai berhasil menjaga komitmen penerapan kerja berbasis prinsip ESG.

Belasan penghargaan ini juga diterima BRI karena perusahaan mampu menjalani perannya sebagai lembaga keuangan untuk membentuk ekosistem keuangan berkelanjutan bagi masyarakat.

Beberapa apresiasi yang diterima BRI sepanjang tahun lalu terkait penerapan nilai-nilai ESG adalah penghargaan sebagai Best Issuer for Sustainable Finance dan Best Sustainability Bond dari The Asset Hong Kong. Ada pula penghargaan Indonesia Digital Innovation Brand 2020 dari Warta Ekonomi, serta Innovative Company For Embracing Stratup Collaboration For Digital Ecosystem dari Digital Innovation Award 2020.

BRI juga masuk daftar Top 1000 World Banks: BRI ranked 1st in Indonesia rilisan The Banker. Tak hanya itu, perusahaan mendapat penghargaan sebagai BUMN Dengan Penerapan GCG Terbaik dari BUMN Track, dan Keterbukaan ESG Emiten Sektor Perbankan Terbaik serta Keterbukaan ESG Bank Kategori Buku IV Terbaik dari Beritasatu.

Selain itu, pada penghujung tahun lalu, BRI kembali mendapat penghargaan sebagai Bank Pendukung UMKM Terbaik (Bank BUKU 3 & 4) dan Bank Pengelola Kas Titipan Terbaik di Daerah Terdepan, Terluar, dan Terpencil (3T) dari Bank Indonesia, serta masuk dalam daftar Forbes Best of The Best 50 High Performing Public Listed Company yang diterbitkan Forbes Indonesia.

(ncm/ega)