Nggak Perlu Panggil Damkar, ATM Nyemplung Gantinya Gampang Cuma Sebentar

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Minggu, 10 Okt 2021 19:03 WIB
Petugas Damkar DKI Jakarta Mengevakuasi Kartu ATM yang Terjatuh ke Saluran Air
Foto: Dok. Damkar DKI Jakarta
Jakarta -

Seorang warga di Jakarta Timur bikin heboh. Kartu ATM orang tersebut jatuh ke gorong-gorong, yang bikin heboh orang itu sampai harus memanggil Pemadam Kebakaran untuk mengambil kartu ATM-nya.

Bahkan, peristiwa itu sampai viral di media sosial. Dalam video yang viral, petugas pemadam kebakaran (damkar) dari Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jaktim diterjunkan untuk mengevakuasi kartu ATM itu.

Awalnya kartu ATM itu terjatuh di gorong-gorong pada Jumat (8/10) sore. Kartu ATM itu terjatuh saat pemiliknya akan membayar bakso di depan Bank DKI Matraman, Kelurahan Kebon Manggis, Jaktim.

"Petugas damkar yang menerima laporan segera ke lokasi untuk proses evakuasi. Setelah sekitar 10 menit ATM berhasil dievakuasi dan langsung diberikan kepada pemiliknya," tulis petugas di akun @humasjakfire, seperti dilihat detikcom, Sabtu (9/10/2021).

Momen evakuasi kartu ATM itu juga diunggah ke akun Instagram. Petugas damkar tampak menggunakan alat guna mengambil ATM yang terjatuh. Dengan anggota enam orang, ada yang mengerahkan alat dan ada yang terjun ke gorong-gorong untuk mengambil kartu ATM.

Momen ini juga jadi tontonan warga setempat yang ikut penasaran melihat pembongkaran gorong-gorong. Saat gorong-gorong berhasil dibuka, salah satu petugas langsung turun ke bawah guna mengambil kartu ATM. Mereka pun berhasil menyelamatkan ATM tersebut.

Kepala Operasional Sudin Damkar Jakarta Timur Gatot Sulaiman pun bicara soal alasan dipanggilnya petugas untuk mengambil kartu ATM yang nyemplung ke gorong-gorong.

Gatot menceritakan pemilik kartu ATM, Yudiansyah, memilih berupaya dengan bantuan damkar lantaran khawatir dia butuh menarik uang dari ATM pada Sabtu atau Minggu. Petugas damkar pun langsung ke gorong-gorong tersebut setelah menerima laporan.

"Jadi dia langsung kepikiran melapor ke pemadam kebakaran. Dalam artian kartu ATM setelah diambil, sudah bisa dipergunakan, sehingga kemungkinan besar (jika) pemilik ATM ini Sabtu dan Minggu membutuhkan biaya yang bisa diambil sewaktu-waktu," ujar Gatot kepada detikcom.

Sebetulnya, kejadian bisa saja tidak terjadi. Bila ATM hilang ataupun rusak, masyarakat mudah saja menggantinya di kantor cabang bank. Mengurusnya pun cepat dan mudah.

Bahkan, di tengah kemajuan teknologi seperti sekarang, masyarakat makin mudah bila ingin melakukan penggantian ATM. Tak perlu antre di cabang bank, tinggal scan, kartu ATM baru bisa dicetak.

1. Bank BCA

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) telah lebih dulu memiliki mesin cetak kartu yang bisa digunakan nasabah. Dikutip dari laman resmi bca.co.id mesin itu bernama CS Digital, mesin ini bisa melayani pengambilan sampai pergantian kartu.

Mesin ini sudah ada di ribuan tempat di seluruh Indonesia. Mulai dari di kantor cabang sampai di outlet BCA di berbagai tempat seperti mal misalnya.

"Melalui CS Digital ini, kamu bisa mencetak kartu secara mandiri! Selain untuk mencetak kartu baru, kamu juga bisa menggunakan CS digital ini untuk mengubah jenis kartu yang kamu miliki, mengganti kartu yang hilang, kartu rusak dan mengganti kartu apabila lupa PIN," tulis keterangan tersebut, dikutip Jumat (19/2/2021).

Nasabah hanya perlu menempelkan KTP elektronik di mesin pemindai pada CS digital BCA. Lalu verifikasi sidik jari, masukkan nomor rekening, pilih kartu instan, aktivasi PIN tunggu sebentar dan mesin mengeluarkan kartu baru.

2. Bank Mandiri

Bank pelat merah juga ikut serta memiliki layanan CS dengan mesin. Salah satunya, Bank Mandiri yang meluncurkan layanan customer service machine di bulan Februari lalu.

Dalam catatan detikcom, layanan ini merupakan alternatif bagi nasabah untuk melakukan pembukaan rekening dan penggantian kartu ATM secara langsung tanpa harus antre.

Dilihat dari laman resmi Mandiri, layanan mesin CS ini berada di kantor cabang dan lokasi tertentu yang telah ditentukan oleh Bank Mandiri. Mulai dari Bekasi Juanda, Senayan City Mall, Depok, Jakarta Mall Pondok Indah 1, hingga Kota Kasablanka Mall.

3. Bank BNI

Bank BNI juga memiliki layanan transaksi self service bernama BNI Digi CS. Di BNI Digi CS ini nasabah bisa melakukan penggantian kartu debit magnetic stripe ke chip tanpa harus antre di customer service kantor cabang.

Layanan Digi CS ini sudah tersedia di sejumlah wilayah jangkauan BNI. BNI juga memiliki BNI SONIC salah satu bagian dari kantor digital untuk memudahkan nasabah membuka rekening tabungan.

BNI SONIC ini ditujukan untuk orang yang digital savvy dan tidak ingin ribet ketika ingin membuka rekening tabungan.

4. Bank CIMB Niaga

Kemudian Bank CIMB Niaga pun memiliki layanan Digital Lounge. Biasanya Digital Lounge ini berada di lokasi strategis seperti mal atau kampus, sehingga memudahkan nasabah yang ingin bertransaksi.

Waktu operasionalnya lebih panjang dan lebih fleksibel dibandingkan kantor bank biasa. Apalagi dengan adanya layanan perbankan di hari libur membuat nasabah bisa tetap bertransaksi. Layanan yang ditawarkan adalah bisa membuka tabungan dengan mesin self service, ganti kartu debit/ATM secara instan dan pembaruan data pribadi.

(hal/dna)