Wahai Anker, Kereta Bekasi dan Jatinegara Pindah Jalur di Stasiun Manggarai

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Senin, 11 Okt 2021 07:05 WIB
Pengembangan dilakukan di Stasiun Manggarai, Jakarta. Begini bentuk wajah baru Stasiun Manggarai.
Foto: Herdi Alif Al Hikam
Jakarta -

Perubahan jalur dilakukan di Stasiun Manggarai sejalan dengan lanjutan pembangunan stasiun tersebut. Setelah stasiun baru di sisi barat beroperasi kini giliran bagian timur akan dikerjakan.

Imbasnya, akan ada dua jalur kereta di Manggarai yang ditutup demi kelancaran pembangunan stasiun. Per Sabtu 9 Oktober 2021 kemarin, jalur 4 dan 5 Stasiun Manggarai akan ditutup untuk layanan KRL. Jalur tersebut sedianya melayani perjalanan KRL Lintas Bekasi dan Lintas Loop alis ke Jatinegara.

Sebagai gantinya, perjalanan KRL Lintas Bekasi/Cikarang ke Jakarta Kota akan dilayani di jalur 1 dan 2 Stasiun Manggarai. Sementara perjalanan KRL rute Angke/Jatinegara ke arah Bogor/Depok/Nambo dilayani di jalur 6 dan 7.

"Usai mengoperasikan jalur layang untuk lintas Bogor-Jakarta Kota PP pada 25 September lalu, pembangunan stasiun segera menuju ke tahap berikutnya," ungkap VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba dalam keterangannya, dikutip Minggu (10/10/2021).

Perlu diingat juga perjalanan KRL Lintas Bogor/Depok ke Jakarta Kota tetap menggunakan jalur baru alias jalur layang Stasiun Manggarai yaitu Jalur 10,11,12, dan 13 di stasiun tingkat barat yang baru.

Sebagai informasi, saat ini Stasiun Manggarai melayani 538 perjalanan KRL atau 54% dari total seluruh perjalanan KRL di wilayah Jabodetabek yang berjumlah 994 perjalanan setiap harinya.

Volume pengguna KRL di Stasiun Manggarai pada masa pandemi ini rata-rata 8.338 pengguna, sementara jumlah pengguna yang transit di stasiun ini mencapai 29.980 orang.

"KAI Commuter mengajak para pengguna KRL untuk menyesuaikan rencana perjalanannya terutama saat hendak transit di Stasiun Manggarai. Utamakan keselamatan saat berpindah jalur, dengan tidak terburu-buru dan selalu memperhatikan informasi dari petugas di stasiun," ungkap Anne.



Simak Video "Bagaimana Progres Kawasan Integrasi di Stasiun Manggarai?"
[Gambas:Video 20detik]
(hal/ang)