Ibu-ibu... Ini Lho Pentingnya Asuransi buat Keluarga, Yuk Simak!

Tim detikcom - detikFinance
Jumat, 29 Okt 2021 12:05 WIB
asian chinese insurance agent explaining to his clients at their kitchen about the policies
Foto: Getty Images/Edwin Tan
Jakarta -

Asuransi telah menjadi bagian yang penting bagi kehidupan masyarakat. Salah satu pentingnya asuransi ialah memberikan proteksi dari kondisi yang tidak dinginkan. PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) mengadakan workshop perencanaan finansial untuk meningkatkan literasi keuangan dan asuransi jiwa Syariah bagi masyarakat Indonesia, khususnya ibu rumah tangga pada (26/10/2021).

Melalui acara bertajuk 'Membangun keluarga yang tangguh secara finansial melalui asuransi jiwa Syariah' ini, dipaparkan lebih lanjut mengenai seluk beluk serta manfaat asuransi jiwa Syariah, sebagai pilihan proteksi keluarga Indonesia.

Luskito Hambali, Chief Marketing and Communications Officer Prudential Indonesia menjelaskan pemahaman masyarakat Indonesia mengenai keuangan maupun asuransi masih rendah. Menurut data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) 2019, indeks literasi keuangan baru mencapai 38,03%.

"Bila dirinci berdasarkan jenis kelamin, tingkat literasi keuangan laki-laki sebesar 39,94%, sedangkan perempuan hanya sebesar 36,13%. Meskipun kecil, tetapi masih ada jarak antara perempuan dan laki-laki. Padahal perempuan memiliki peran yang sangat penting, khususnya dalam rumah tangga, untuk mewujudkan keluarga yang tangguh secara finansial," katanya dalam keterangan tertulis, Jumat (29/10/2021).

Sebesar 85% aktivitas belanja keluarga, seperti belanja bulanan dan keputusan pembelian kebutuhan keluarga lainnya, diatur oleh seorang istri atau ibu di rumah.

Namun, sebesar 50% istri atau ibu tersebut tidak merasa yakin terhadap keputusan finansial yang mereka ambil dan 62% menyatakan kebingungan saat harus mengarahkan rencana finansial jangka panjang keluarga dan mereka membutuhkan bantuan informasi yang sesuai dengan profil keluarga mereka untuk dapat mengambil keputusan finansial yang tepat1.

"Kami memiliki komitmen jangka panjang untuk meningkatkan literasi terkait asuransi jiwa Syariah masyarakat, termasuk perempuan, melalui berbagai macam inisiatif. Dengan meningkatnya kemampuan masyarakat dalam mengelola keuangan mereka dengan baik, maka hal ini akan berdampak kesejahteraan mereka, sehingga mereka dapat menikmati yang terbaik dalam hidup," tambah Luskito.