Tommy Soeharto Mau Lawan Balik Gegara Asetnya Disita, Kemenkeu Siap-siap

Trio Hamdani - detikFinance
Jumat, 12 Nov 2021 14:47 WIB
Tommy Soeharto
Foto: Rengga Sancaya: Tommy Soeharto
Jakarta -

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menanti langkah hukum yang akan diambil oleh Hutomo Mandala Putra, alias Tommy Soeharto soal penyitaan aset miliknya oleh atau Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Hak Tagih Negara Dana Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI).

Anak bungsu Presiden ke-2 RI, Soeharto ini akan segera membuat langkah hukum. Namun, dijelaskan Direktur Hukum dan Humas Ditjen Kekayanan Negara (DJKN), Tri Wahyuningsih Retno Mulyani, Kemenkeu belum mengetahui langkah hukum apa yang akan diambil oleh Tommy.

"Terkait pernyataan Pak Tommy di media massa, beliau akan mengambil langkah hukum. Nah sampai dengan saat ini kami dari Kementerian Keuangan maupun Satgas dari PUPN (Panitia Urusan Piutang Negara) atau KPKNL (Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang) yang mengurus piutangnya Pak Tommy, sampai dengan saat ini belum ada informasi terkait apa langkah hukum yang beliau akan laksanakan," kata Tri Wahyuningsih dalam bincang virtual, Jumat (12/11/2021).

Pihaknya pun masih menunggu untuk melihat seperti apa langkah hukum yang akan ditempuh oleh Tommy Soeharto.

"Sampai dengan saat ini belum ada informasi terkait apa langkah hukum yang beliau akan laksanakan. Mungkin kita sama-sama nanti kita lihat apa yang beliau akan laksanakan," tambahnya.

Satgas BLBI sendiri telah menyita aset PT Timor Putra Nasional (TPN) di Kabupaten Karawang, Jawa Barat milik Tommy Soeharto. Aset itu berupa tanah seluas 124 hektare (Ha) di Kabupaten Karawang, Jawa Barat yang sebelumnya disebut bernilai Rp 600 miliar.

Tommy Soeharto pun buka suara soal kasusnya terkait dana BLBI yang menyeret dirinya. Dia menjelaskan akan segera membuat langkah hukum.

"Akan buat langkah hukum," kata Tommy Soeharto sembari masuk ke dalam mobilnya usai konferensi pers dalam peresmian Rest Area 4.0, di Kawasan Industri PT Mandala Pratama Permai, Rabu (10/11/2021) lalu.

(toy/hns)