BI Genjot QRIS ke Pelaku UMKM, Ekspor Jadi Tokcer?

Siti Fatimah - detikFinance
Senin, 15 Nov 2021 11:29 WIB
QRIS
Foto: Shutterstock/
Jakarta -

Target Bank Indonesia (BI) untuk mendapatkan 12 juta merchant pengguna alat pembayaran digital QR Code Indonesian Standard (QRIS) telah tercapai. Kini BI fokus mendorong jumlah penggunanya.

Asisten Gubernur Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran BI, Filianingsih Hendarta menjelaskan per hari ini terdapat 12.000.111 merchant yang menggunakan QRIS. Dari total itu sekitar 94% merupakan merchant UMKM.

"Jadi orang mengatakan digitalisasi punya masyarakat menengah ke atas. Itu tidak terjadi di Indonesia, yang terjadi di Indonesia dimulai di lapisan bawah. Tenant-tenant UMKM, pedagang kaki lima itu semua menikmati digitalisasi," ucapnya dalam konferensi pers virtual beberapa waktu lalu.

Sementara itu Anggota Komisi X DPR Kamrussamad mengatakan ekonomi dalam negeri terus menunjukkan perbaikan, termasuk sektor UMKM. Ekspor UMKM terus digenjot dengan sejumlah kebijakan.

"UMKM Produk Unggulan lokal kita Dorong agar terjadi transformasi digital dalam Sistem Produksi, sistem Pemasaran, Sistem Quality Control dan sistem transaksi Pembayaran menggunakan QRIS," katanya.

"Sehingga Daya saing Produk mampu menembus Pasar Global. Inilah bentuk KePahlawanan Bank Indonesia dalam memajukan ekonomi nasional. Tegas Kamrussamad ditemui sela sela acara berlangsung," sambungnya.

(fdl/fdl)