Sampai Kapan Suku Bunga Ditahan di 3,5%, Pak Perry?

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Rabu, 24 Nov 2021 15:07 WIB
Gubernur BI Perry Warjiyo
Foto: Gubernur BI Perry Warjiyo (Sylke Febrina Laucereno/detikcom)
Jakarta -

Suku bunga acuan Bank Indonesia (BI) saat ini berada di level 3,5%. Angka ini merupakan level terendah sepanjang sejarah.

Gubernur BI Perry Warjiyo mengungkapkan bank sentral akan mempertahankan suku bunga ini hingga tahun depan.

"Suku bunga rendah akan tetap dipertahankan, sampai tanda awal kenaikan inflasi," kata Perry dalam Pertemuan Tahunan Bank Indonesia, Kamis (24/11/2021).

Perry mengungkapkan fokus penurunan lebih lanjut adalah bunga kredit di perbankan.

Suku bunga kebijakan moneter yang tetap rendah dan likuiditas yang sangat longgar mendorong suku bunga kredit perbankan terus menurun. Di pasar uang dan pasar dana, suku bunga PUAB overnight dan suku bunga deposito 1 bulan perbankan telah menurun, masing-masing sebesar 52 bps dan 151 bps sejak Oktober 2020 menjadi 2,80% dan 3,17% pada Oktober 2021.

Di pasar kredit, penurunan SBDK perbankan terus berlanjut, diikuti penurunan suku bunga kredit baru. Aktivitas ekonomi dan mobilitas masyarakat yang meningkat mendorong perbaikan persepsi risiko perbankan, sehingga berdampak positif bagi penurunan suku bunga kredit baru.

"Bank Indonesia terus mendorong perbankan untuk melanjutkan penurunan suku bunga kredit sebagai bagian dari upaya bersama untuk meningkatkan kredit kepada dunia usaha," jelas dia.

Untuk tetap menjaga stabilitas sistem keuangan dan mendorong pembiayaan kepada dunia usaha, koordinasi erat KSSK ditempuh untuk perbaikan sektor properti dan otomotif melalui insentif fiskal oleh Pemerintah dan pelonggaran kebijakan makroprudensial oleh Bank Indonesia.

Sementara itu, OJK terus memberikan relaksasi bagi perbankan dalam restrukturisasi kredit dengan penundaan angsuran pokok dan bunga sehingga tidak berdampak pada kenaikan kredit bermasalah dan penurunan permodalan dengan memperpanjang POJK N0. 48 Tahun 2021 hingga berlaku sampai Maret 2023.

Demikian pula, LPS memastikan terjaminnya simpanan masyarakat pada perbankan sehingga mendukung terjaganya stabilitas sistem keuangan serta menurunkan tingkat bunga penjaminan guna mendukung pemulihan ekonomi nasional.



Simak Video "Bicara Riba, Sri Mulyani: Al-quran Memperbolehkan Pinjam-meminjam"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)