ADVERTISEMENT

DPR Setujui Juda Agung & Aida S Budiman Jadi Deputi Gubernur BI

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Selasa, 30 Nov 2021 16:41 WIB
Ilustrasi Bank Indonesia, lgo bank indonesia, bi, gedung bank indonesia di Jakarta
Foto: Rachman Haryanto
Jakarta -

Komisi XI DPR hari ini menggelar uji kelayakan dan kepatutan dua calon Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) yaitu Juda Agung dan Aida S Budiman. Fit & proper test ini dilakukan oleh DPR sejak siang tadi dan dilanjutkan dengan rapat internal untuk pengambilan keputusan.

Ketua Komisi XI DPR RI Dito Ganinduto mengungkapkan, Juda dan Aida sudah dipilih oleh Komisi XI untuk menjadi Deputi Gubernur BI.

"Sudah diputus secara musyawarah dan aklamasi, 9 fraksi menyetujui," kata dia saat dihubungi, Selasa (30/11/2021).

Dito mengungkapkan saat ini komisi XI sedang menyiapkan surat dan akan disampaikan ke pimpinan DPR. Dito menjelaskan Pimpinan dan Anggota Komisi XI DPR RI juga telah mendalami secara keseluruhan materi dari kedua calon tersebut, dan menilai bahwa ke dua calon deputi gubernur tersebut memiliki kompetensi dan kualifikasi melaksanakan tugas ke depan sebagai Deputi Gubernur Bank Indonesia.

Kemudian dia meyakini, di dalam kepemimpinan kedua Deputi Gubernur BI tersebut, Bank Indonesia mampu untuk dapat memenuhi tantangan dengan kebijakan yang dapat merespon tantangan tersebut, juga dapat terus berkontribusi bagi perekonomian Indonesia.

Dia menyebutkan perekonomian Indonesia ke depan masih penuh tantangan dan diperlukan berbagai kebijakan untuk merespon tantangan tersebut.

"Kedua calon tersebut memiliki rekam jejak di Bank Indonesia yang sangat baik, dan saya berharap dengan terpilihnya Bapak Juda Agung dan Ibu Aida S Budiman sebagai Deputi Gubernur Bank Indonesia dapat berkontribusi untuk memperkuat Bank Indonesia dalam menjalankan tugas dan fungsi sesuai dengan mandat Undang-Undang bank Indonesia," jelas dia.

Sekadar informasi Juda akan menggantikan Deputi Gubernur BI Sugeng dan Aida akan menggantikan Deputi Gubernur Rosmaya Hadi yang masa jabatannya habis pada Januari tahun depan.

Aida S. Budiman Lahir di Bogor pada tahun 1965. Setelah menempuh pendidikan di bidang Agribisnis Institut Pertanian Bogor pada tahun 1987, Aida melanjutkan pendidikan di Southern California University dan mendapatkan gelar Master di bidang Economics pada tahun 1996. Aida juga melanjutkan pendidikan di Claremont University dan mendapat gelar Phd di bidang Ekonomi pada tahun 2002.

Mengawali karier di Bank Indonesia pada tahun 1991, Aida saat ini menjabat sebagai Kepala Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter sejak tahun 2018. Aida pernah menjabat sebagai Kepala Departemen Internasional (2014 - 2017).

Juda mengawali karier di Bank Indonesia pada tahun 1991, Juda saat ini menjabat sebagai Kepala Departemen Kebijakan Makroprudensial sejak tahun 2019.

Dia pernah menjabat sebagai Kepala Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter (2014-2017), Kepala Perwakilan BI Provinsi Jawa Barat (2017), dan Pegawai Penugasan Setingkat Direktur Eksekutif Departemen Sumber Daya Manusia (2017-2019).

(kil/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT