Suku Bunga Acuan Bank Sudah Rendah, Sampai Kapan?

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Rabu, 01 Des 2021 19:00 WIB
Meski Bank Indonesia sudah memangkas bunga acuan, namun bunga kredit bank masih selangit
Foto: Infografis/Fuad Hasim/detikcom: Bunga bank selangit
Jakarta -

Saat ini suku bunga acuan Bank Indonesia (BI) berada di level 3,5%. Ini merupakan yang terendah sepanjang sejarah. BI akan mempertahankan bunga acuan ini hingga ada tanda-tanda inflasi yang mulai meningkat. Tapi tetap sesuai dengan perkiraan BI.

Gubernur BI Perry Warjiyo menjelaskan, ini sesuai dengan upaya pemulihan ekonomi dan menjaga stabilitas sistem keuangan nasional.

"Suku bunga rendah akan dipertahankan sampai ada tanda kenaikan inflasi," kata Perry.

Dia menjelaskan kebijakan ini juga untuk menyikapi ketidakpastian global. Selain itu perekonomian membutuhkan stabilitas karena itu kebijakan moneter berada dalam kategori pro stability dengan tetap memulihkan ekonomi.

Kebijakan-kebijakan BI yang lain ada dalam kategori pro growth. Dia menambahkan, bersama dengan Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) untuk mendorong kredit, pembiayaan dan sektor riil.

BI juga akan mendorong digitalisasi sistem pembayaran sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo untuk ekosistem ekonomi keuangan digital. Misalnya perbankan digital, ecommrece, unicorn. Kemudian penguatan dengan BI FAST, QRIS dan SNAP.

Selain itu bank sentral juga akan melakukan pendalaman pasar keuangan dan pasar valas. Karena itu koordinasi erat dengan Kemenkeu dan forum pendalaman penguatan sektor keuangan. BI juga mendukung UMKM, ekonomi keuangan syariah dan keuangan yang inklusif dan hijau.

"Tugas kami di pasar uang dan pasar valas membangun infrastruktur dan mengembangkan produk pelaku dan pricing yang semakin modern dan berstandar internasional," jelas dia.

(kil/fdl)