Pandemi Mereda, Begini Strategi Bank Raup Dana Murah Dari Masyarakat

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Rabu, 01 Des 2021 18:36 WIB
Teller BTN Syariah sedang melayani nasabah menabung ke rekening tabungan BTN Qurban di Kantor Cabang Syariah BTN di Jakarta, Jumat (17/7). Menyambut hari raya Idul Adha, BTN Syariah mengenalkan  Tabungan  BTN Qurban ib yaitu produk tabungan untuk merencanakan pembelian dan penyaluran hewan qurban dengan bagi hasil yang menguntungkan dan kompetitif berdasarkan prinsip syariah dengan akad “Mudharabah Mutlaqah” (Investasi). Adapun program ini menjadi salah satu strategi BTN syariah menggenjot DPK, per Juni 2020 DPK BTN syariah menembus Rp 20,8triliun atau sudah 90 persen mencapai target tahun 2020.
Foto: dok. BTN Syariah
Jakarta -

Perbankan saat ini membidik dana murah untuk membuat biaya dana menjadi lebih efisien. Salah satunya adalah dengan produk tabungan.

PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) akhir tahun ini menargetkan porsi dana murah atau current account saving account (CASA) di level 43%-44%. Direktur Distribution and Retail FundinG BTN Jasmin mengungkapkan saat ini sudah melebihi target yakni di posisi 45%.

Sejak Januari hingga akhir November 2021 berhasil menggaet 1 juta nasabah baru. Perolehan tersebut salah satunya disumbang oleh program loyalti untuk nasabah BTN bertajuk Batara Spekta.

"Ke depannya diharapkan dapat terus menaikkan CASA, sehingga kami bisa membangun CASA yang sustain, kuat, tetapi juga murah," kata Jasmin dalam keterangannya, Rabu (1/12/2021).

Dia menjelaskan saat ini BTN memang terus berupaya mengembalikan hakikat sebagai bank tabungan. Dengan visi tersebut, BTN agresif berinovasi untuk menyajikan berbagai program dan produk yang menyentuh kebutuhan transaksi harian nasabah.

"Kami harapkan dengan adanya program loyalti ini nantinya BTN kembali seperti namanya, yakni bank tabungan, karena selama ini BTN dikenal sebagai bank tempat nyicil, bukan bank tempat menabung. Dengan program ini kami harapkan balik lagi BTN sebagai tempat menabung sekaligus bank tempat memberikan pembiayaan perumahan," jelas Jasmin.

Menurut dia, dengan penguatan pada pendanaan khususnya dana murah atau CASA, diharapkan BTN akan bisa memberikan lebih banyak lagi KPR kepada nasabah dengan bunga yang lebih murah. "Kuncinya kan disitu, kalau cost of fund-nya murah tentu kami akan memberikan bunga yang lebih rendah," ujar Jasmin.



Simak Video "Yang Perlu Kamu Tahu Seputar Bank Digital Allo Bank"
[Gambas:Video 20detik]