Adu Bunga Deposito Bank Konvensional vs Bank Digital, Mana yang Lebih Gede?

ADVERTISEMENT

Adu Bunga Deposito Bank Konvensional vs Bank Digital, Mana yang Lebih Gede?

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Selasa, 07 Des 2021 12:41 WIB
MENIMBANG PENDIRIAN BANK DIGITAL DI INDONESIA
Ilustrasi/Foto: detik
Jakarta -

Suku bunga simpanan berjangka atau deposito di bank saat ini makin menyusut. Hal ini karena suku bunga kebijakan moneter yang juga rendah di level 3,5%.

Beberapa bank konvensional bahkan sudah memasang bunga acuan di kisaran 2%. Dari data BI disebutkan suku bunga deposito 1 bulan di perbankan sudah turun 151 bps sejak Oktober 2020 kini menjadi 3,17%.

Jika bank konvensional sudah di kisaran 2%, berapa ya bunga deposito di bank digital? detikcom merangkum beberapa bunga deposito dari bank digital dari aplikasi mereka.

Berikut rincian bunga deposito bank digital:


Bank Neo Commerce (BNC)

Bank yang identik dengan kucing putih ini menawarkan bunga 7%+1% per annum dengan minimal deposito Rp 200 ribu dan jangka waktu 1 bulan. Nah bunga ini berlaku untuk pengguna baru yang belum pernah membuka deposito melalui aplikasi, hanya berlaku sekali saja.

Untuk rumus perhitungan bunga adalah simpanan pokok x suku bunga x masa simpan/365 hari. Ini artinya untuk deposito sebesar Rp 1 juta, maka bunga yang akan diterima sebesar Rp 6.794,52.
SeaBank

Bank milik Shopee ini juga menawarkan suku bunga simpanan yang tinggi yaitu 7% per tahun. Bunga dihitung dan dibayarkan ke rekening nasabah setiap harinya. Jika nasabah menabung Rp 5 juta selama 3 bulan di SeaBank maka estimasi total bunga yang didapatkan selama sebulan adalah Rp 88 ribu dengan per hari dibayarkan sekitar Rp 960.

blu by BCA Digital

Anak bungsu BCA ini memberikan bunga deposito hingga 4% per annum. Dengan minimum simpanan Rp juta.

blu juga memberikan kemudahan untuk mengganti tipe deposito seperti Non Automatic Roll Over (ARO), ARO, ARO+. Kemudian blu juga memberikan kemudahan top up deposito sesuai kebutuhan. Selain itu pencairan sebelum jatuh tempo tanpa penalti.

Jenius

Jenius yang merupakan besutan BTPN ini memiliki Maxi Saver atau deposito dengan bunga maksimal hingga 4% per annum. Maxi saver ini minimum simpanannya adalah Rp 10 juta dan pengguna bisa bebas memilih jangka waktu deposito yang tersedia dari 1 hingga 12 bulan.

Maxi Saver ini juga memungkinkan pengguna bisa mencairkan deposito sebelum jatuh tempo tanpa biaya penalti. Untuk pencairan sebelum jatuh tempo, hanya nilai pokok yang akan dikembalikan ke saldo aktif.

(kil/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT