Miris! Masih Ada Pemegang Polis Jiwasraya yang Nasibnya Gantung

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Kamis, 09 Des 2021 22:45 WIB
Logo asuransi Jiwasraya di Jl Rasuna Said
Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Berbagai upaya hukum telah dilakukan untuk menuntaskan sengkarut masalah di PT Asuransi Jiwasraya (Persero). Namun, hingga saat ini nasib pemegang polis belum jelas karena upaya transfer polis yang berujung pada kepastian pembayaran hak para pemegang polis belum juga terlaksana.

Salah seorang pemegang polis Jiwasraya, Lisa mengatakan, hingga saat ini dirinya belum menerima sepeser pun pembayaran polis. Padahal, ia telah mengikuti program restrukturisasi yang ditawarkan sejak Mei 2021.

"Jadi intinya sih sampai hari ini nasabah belum ada pembayaran satu rupiah pun," katanya kepada detikcom, Kamis (9/12/2021).

Lisa bercerita, informasi pembayaran polis biasanya didapat ketika dirinya atau pemegang polis lainnya bertanya langsung ke Jiwasraya. Selain itu, ia pun mengaku kerap memperoleh informasi yang disebar di grup Whatsapp oleh sesama pemegang polis pasca pihak internal Jiwasraya menjawab pertanyaan dari pemegang polis lainnya.

"Ada nasabah yang nanya, lalu apapun jawaban Jiwasraya ya di forward ke grup," katanya.

Dari informasi Lisa peroleh, saat ini tengah berlangsung proses peralihan polis dari Jiwasraya ke IFG Life. Yang mana, terdapat beberapa tahapan yang harus dilewati setelah restrukturisasi dan audit polis yakni, pertama, penyertaan modal negara (PMN) yang sudah dicairkan ke IFG sebagai holding pada 22 Oktober 2021.

Bagaimana dengan tahapan kedua dan ketiga? Buka halaman selanjutnya.