ADVERTISEMENT

BRI Insurance Kampanyekan Perlindungan Asuransi Gratis untuk UMKM

Inkana Izatifiqa R Putri - detikFinance
Jumat, 10 Des 2021 15:03 WIB
Jaga Teman Mikro
Foto: BRI Insurance
Jakarta -

PT BRI Asuransi Indonesia/BRI Insurance (BRINS) terus berupaya memberikan perlindungan asuransi mikro (asmik) kepada pelaku UMKM seluruh Indonesia. Terbaru, BRINS mengisiasi kampanye 'Jagain Teman Usaha Mikro'.

CEO BRINS, Fankar Umran menyampaikan kampanye ini merupakan upaya BRINS dalam menjaga dan membangun ekosistem bisnis mikro sekaligus termasuk dalam program CSR keberlanjutan BRINS. Adapun hal ini ditandai dengan pemberian perlindungan Asmik Kerusakan Tempat Usaha dan Asmik Rumahku ke 1.000 Agen BRILink di seluruh Indonesia.

Melalui kampanye ini, Fankar mengatakan BRINS juga ingin menyampaikan pentingnya perlindungan asuransi untuk keberlangsungan UMKM yang berkelanjutan dan jangka panjang.

"Kami memahami bahwa masih banyak para pelaku UMKM yang masih kesulitan dalam menjangkau asuransi untuk perlindungan aset usaha mereka, di samping itu edukasi asuransi juga masih minim bagi para pelaku usaha. Kampanye ini menjadi bentuk komitmen kami untuk melindungi dan menjangkau seluruh lapisan masyarakat," ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (10/12/2021).

Lebih lanjut, Fankar mengatakan pengusaha mikro memiliki kontribusi yang cukup besar terhadap PDB Indonesia. Namun, hingga saat ini, ada 65,5 juta UMKM di Indonesia yang rentan terpapar risiko tak terduga dan baru 10% yang terproteksi asuransi mikro. Padahal, risiko tersebut dapat berpengaruh pada keberlangsungan usahanya.

Fankar pun menambahkan, inklusivitas asuransi saat ini juga masih memiliki angka yang kecil, yakni di angka 13 persen berdasarkan data OJK. Menurutnya, angka ini tidak sebanding dengan inklusi keuangan yang sudah mencapai 76 persen. Untuk memperluas daya jangkau segmentasi, khususnya segmentasi mikro, kombinasi digital dan konvensional, atau hybrid model menjadi penetrasi yang paling memungkinkan untuk dilakukan.

Oleh karena itu, melalui kampanye ini, selain mendapatkan santunan Asmik sebesar Rp 5 juta, para pelaku UMKM juga akan diberi kesempatan memasarkan dan menjual asuransi mikro ke sesama pelaku usaha melalui aplikasi BRINSAgent. Fankar menyebut aplikasi ini telah didukung dengan fitur sekaligus menjadi karakteristik produk Asuransi Mikro, yaitu SMES (Sederhana, Murah, Ekonomis, dan Segera).

"BRINS melakukan kombinasi penetrasi antara digital dan konvensional untuk menghadirkan solusi sehingga seluruh lapisan masyarakat dapat terproteksi dengan baik," pungkasnya.



Simak Video "Perlunya 'Pahlawan' untuk Bantu UMKM Berinovasi dengan Teknologi"
[Gambas:Video 20detik]
(ncm/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT