PCare BPJS Kesehatan: Kegunaan dan Cara Daftarnya

Siti Fatimah - detikFinance
Selasa, 14 Des 2021 19:38 WIB
BPJS Kesehatan
Foto: Dok. BPJS Kesehatan
Jakarta -

PCare BPJS Kesehatan atau Primary Care merupakan salah satu aplikasi BPJS Kesehatan yang menawarkan fasilitas kesehatan (faskes) tingkat pertama. Maksudnya seperti kunjungan ke puskesmas, klinik atau laboratorium rujukan peserta BPJS Kesehatan.

"BPJS Kesehatan punya komitmen untuk memberikan perlindungan kepada seluruh warga negara Indonesia. Salah satu kemudahan yang ditawarkan BPJS Kesehatan adalah premi asuransi yang lebih terjangkau," tulis keterangan dikutip dari indonesia.go.id, Selasa (14/12/2021).

Aplikasi tersebut nantinya dapat digunakan para pemegang premi untuk mengajukan pengobatan termasuk mendaftarkan diri sebagai pasien di faskes tingkat pertama atau puskesmas. Untuk bisa menggunakan PCare BPJS Kesehatan, pertama-tama Anda harus mengunduh aplikasi PCare BPJS Kesehatan di Google Play Store.

Sementara ini, aplikasi tersebut baru tersedia di sistem operasi Android dan tidak ada biaya untuk mengunduh aplikasi tersebut. Setelah itu, peserta disarankan untuk melakukan pendaftaran offline di kantor BPJS Kesehatan terdekat, dengan begitu mereka bisa langsung mengakses data pribadi sebagai peserta BPJS Kesehatan saat melakukan kunjungan ke faskes.

Aplikasi ini masih belum bisa digunakan untuk umum. Artinya, tidak semua user dapat menggunakan layanan PCare BPJS Kesehatan ini. Pihak-pihak yang mendapatkan izin adalah fasilitas kesehatan yang telah resmi mendaftarkan ke BPJS dan telah diberikan akses user dan password untuk mengaksesnya.

Beberapa fitur yang dimiliki aplikasi PCare BPJS antara lain informasi tagihan, tata cara mendaftarkan peserta BPJS Kesehatan secara Mandiri maupun Instansi, serta pencarian fasilitas kesehatan terdekat.

Dengan aplikasi ini, peserta BPJS Kesehatan akan mendapatkan kemudahan seperti alur pendaftaran pasien yang lebih praktis, data pasien terintegrasi, proses diagnosis pasien lebih cepat, dan proses rujukan lebih mudah.

Cara daftar dan penggunaan layanan PCare BPJS Kesehatan ada di halaman sebelumnya.