Mau Ganti Kartu ATM BCA? Begini Caranya biar Tak Perlu Repot ke Bank Lagi!

Geordi Oswaldo - detikFinance
Senin, 20 Des 2021 14:31 WIB
Closeup image of a woman holding and choosing credit card to use
Foto: Getty Images/iStockphoto/Farknot_Architect
Jakarta -

Saat ini PT Bank Central Asia (BCA) Tbk sedang terus mengembangkan konsep model cabang masa mendatang yang lebih efisien dengan teknologi dan mesin digital yang dapat digunakan oleh nasabah secara mandiri. Hal ini dilakukan guna mengembangkan layanan digitalisasi perbankan yang optimal bagi nasabah.

Terbaru, BCA kini telah menyediakan mesin Customer Service (CS) Digital yang memungkinkan nasabah melakukan layanan mandiri atau self-service. Nantinya mesin-mesin Customer Service (CS) ini akan menggunakan teknologi yang mudah digunakan atau user friendly sehingga dapat dimanfaatkan oleh nasabah secara maksimal.

Mesin CS Digital BCA dengan fitur ganti kartu ATM menggunakan KTP elektronik sebenarnya sudah bisa dilakukan sejak April 2019 dan hampir 1.200 mesin CS Digital tersedia saat ini. Nasabah bisa melakukan beragam transaksi dengan nyaman dan dapat diakses setiap waktu.

Transaksi yang bisa dilakukan antara lain:

Ganti kartu: migrasi ke chip, hilang, rusak, penggantian jenis kartu, lupa PIN, cetak kartu digital ke fisik. Registrasi e-Banking: Mobile Banking (BCA mobile), Klik BCA Individual (KBI), SMS BCA

"Jika nasabah ingin mengganti kartu debit/kartu ATM karena hilang, rusak atau ingin ganti jenis kartu, hanya perlu membawa KTP elektronik saja sebagai alat verifikasi untuk transaksi di mesin CS Digital. Hal ini memudahkan nasabah khususnya di masa pandemi saat ini," kata Executive Vice President Secretariat & Corporate Communication BCA, Hera F. Haryn dalam keterangan tertulis, Jumat (13/8/2021).

Hera mengimbau kepada nasabah BCA untuk melakukan penggantian kartu debit/kartu ATM magnetic stripe ke kartu debit/kartu ATM berbasis chip. Hal ini sejalan dengan ketentuan Bank Indonesia (BI) yang mewajibkan penggunaan kartu chip 100% pada 31 Desember 2021.

"Bagi nasabah BCA yang belum melakukan penggantian kartu ATM magnetic stripe ke kartu ATM chip, kami mengajak nasabah untuk segera melakukan penggantian. Nasabah dapat melakukannya dengan mudah dan praktis di mesin CS Digital BCA," tutur Hera.

Baru-baru ini, BCA meluncurkan inovasi digital terbaru untuk semakin memudahkan nasabah terhubung dengan Halo BCA via aplikasi Halo BCA. Aplikasi Halo BCA merupakan mobile apps yang dapat digunakan untuk menghubungi Halo BCA melalui semua channel resmi yang dimiliki Halo BCA, ada Call, Chat, Email dan Twitter.

Aplikasi Halo BCA ini menyediakan channel alternatif bagi nasabah untuk menghubungi Halo BCA dengan fasilitas VoIP Call yaitu telepon dengan menggunakan kuota internet. Fasilitas VoIP Call juga dapat memudahkan nasabah dari luar negeri untuk bisa menghubungi Halo BCA, fitur-fitur yang lain juga dapat digunakan oleh nasabah yang berada di Luar Negeri.

Nasabah dapat mengunduh aplikasi Halo BCA di Play Store (Android) atau di Appstore (iOS). Setelah download, nasabah bisa langsung menggunakan aplikasinya. Namun nasabah sebaiknya melakukan registrasi dahulu untuk mempercepat proses verifikasi ketika melakukan call.



Simak Video "Rahasia 'S3 Marketing' di Media Sosial"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)