Ada Punya Tommy Soeharto, Ini Daftar Aset yang Sudah Disita Satgas BLBI

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Jumat, 24 Des 2021 12:56 WIB
Lihat Lagi Momen Aset Tommy Soeharto Rp 600 Miliar Disita Negara
Foto: Yuda Febrian Silitonga/detikcom
Jakarta -

Satuan Tugas Penanganan Hak Tagih Negara Dana Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI) telah dibentuk. Satgas ini bertugas mengejar debitur/obligor yang punya utang dengan negara dengan total nilai Rp 110 triliun.

Selama bertugas, Satgas telah melakukan dua kali penyitaan aset yakni milik PT Timor Putra Nasional (TPN) dan Texmaco. Berikut rinciannya:

1. Aset TPN Tommy Soeharto

Satgas BLBI telah melakukan penyitaan terhadap aset PT TPN yang dimiliki Hutomo Mandala Putra alias Tommy Soeharto. Adapun outstanding nilai utangnya kepada pemerintah yang ditagih oleh Panitia Urusan Piutang Negara (PUPN) setelah ditambahkan Biaya Administrasi Pengurusan Piutang Negara (10%) adalah sebesar Rp 2.612.287.348.912,95.

"Penagihan yang telah dilakukan oleh PUPN telah sampai pada tahap penerbitan surat sita atas aset jaminan PT TPN, namun pelaksanaan sita terhadap aset belum dapat dilaksanakan karena kendala di lapangan dan hari ini dilaksanakan," kata Ketua Harian Satgas BLBI Rionald Silaban dalam keterangan tertulis dikutip detikcom, Jumat (5/11/2021) lalu.

Aset jaminan PT TPN yang telah dilakukan penyitaan akan dilanjutkan proses pengurusannya melalui mekanisme PUPN yaitu dilakukan penjualan secara terbuka (lelang).

"Satgas BLBI akan terus melakukan penagihan kewajiban obligor/debitur dan melakukan penguasaan atas aset jaminan agar pengembalian kewajiban dana BLBI dapat segera terealisasi," tutur Rionald.

Terdapat 124 hektare (Ha) luas tanah yang disita dari aset PT TPN senilai Rp 600 miliar. Juru sita PUPN melakukan penyitaan dan pemasangan plang atas empat aset tanah yang merupakan jaminan kredit PT TPN. Berikut daftarnya:

1. Tanah seluas 530.125,526 m2 terletak di Desa Kamojing, Kabupaten Karawang sebagaimana SHGB Nomor 4/Kamojing atas nama PT KIA Timor Motors.

2. Tanah seluas 98.896,700 m2 terletak di Desa Kalihurip, Kabupaten Karawang sebagaimana SHGB Nomor 22/Kalihurip atas nama PT KIA Timor Motors.

3. Tanah seluas 100.985,15 m2 terletak di Desa Cikampek Pusaka, Kabupaten Karawang sebagaimana SHGB Nomor 5/ Cikampek Pusaka atas nama PT KIA Timor Motors.

4. Tanah seluas 518.870 m2 terletak di Desa Kamojing, Kabupaten Karawang sebagaimana SHGB Nomor 3/ Kamojing atas nama PT Timor Industri Komponen.

Siapa lagi yang disitas Satgas BLBI? Lanjut halaman berikutnya.