ADVERTISEMENT

Sejarah Menarik soal Sistem Transfer Uang Dunia Sejak Sebelum Masehi

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Minggu, 26 Des 2021 10:15 WIB
Pekerja merapihkan uang Dollar dan Rupiah di Cash Center BRI Pusat, Jakarta, Kamis (5/6/2014). Nilai tukar rupiah hingga penutupan perdagangan sore pekan ini hampir menyentuh angka Rp 12.000 per-dollar US.
Foto: Rachman Haryanto
Jakarta -

Sistem transfer uang atau duit telah mengalami perkembangan yang pesat. Berbagai mekanisme kini telah tersedia untuk memindahkan uang dari orang satu ke orang lainnya.

Sistem transfer duit ini sendiri punya perjalanan yang panjang. Perkembangannya sulit dipisahkan dari keberadaan uang itu sendiri sebagai alat transaksi.

Dikutip dari Forbes, Minggu (26/12/2021), jauh sebelum adanya transfer bank ataupun bank sentral, manusia telah mengenal barter. Suku-suku di Mesopotamia dan Fenisia mulai berdagang ternak sejak tahun 6000 sebelum masehi, serta biji-bijian dan sayuran seiring berkembangnya pertanian.

Dalam perjalanannya, mengangkut ternak dan hasil pertanian cukup merepotkan. Sekitar tahun 1200 sebelum masehi, para pedagang China mulai menggunakan kulit kerang hingga pisau logam sebagai pengganti barang yang mereka kirimkan. Peralatan logam kemudian dibulatkan menjadi koin sebagai uang pertama.

Pada 500 sebelum masehi, koin beredar di Turki, Yunani dan Makedonia. Kemudian menyebar ke kekaisaran Romawi.

Uang kertas sendiri muncul pertama kalinya di China antara 600 dan 900 masehi. Sifat uang yang ringan dan mudah dibawa membuat transfer menjadi lebih mudah.

Di Eropa pada abad pertengahan, para pedagang menggunakan tagihan jangka pendek dengan orang asing untuk menyelesaikan transaksi perdagangan mereka. Kemudian, tagihan bank pun muncul.

Uang kertas dan koin beredar bebas, tapi mudah hilang dan dicuri. Pada abad ke-16, cek pun muncul dan akhirnya menjadi alat transfer nilai yang dominan baik untuk bisnis maupun individu.

Lanjut ke halaman berikutnya



Simak Video "Daftar 21 Bank dengan Biaya Transfer Cuma Rp 2.500"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT