Jadi Role Model, China Sejengkal Lagi Pakai Yuan Digital!

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Kamis, 06 Jan 2022 05:44 WIB
Edisi baru seri kelima mata uang China renminbi, atau yuan, secara resmi diluncurkan. Seperti apa penampakannya?
Yuan China/Foto: Xinhua
Jakarta -

China tengah mengembangkan yuan digital. Terbaru, China meluncurkan aplikasi dompet untuk yuan digital. Upaya China mengembangkan yuan digital tercium ke publik pada 2020 lalu. Saat itu, tangkapan layar mata uang virtual China itu bocor. Bocornya tangkapan layar tersebut diyakini sebagai pertanda pengembangan yuan digital sudah semakin matang dan bakal siap diluncurkan secara resmi.

Mengutip South China Morning Post (SCMP), diketahui bahwa tangkapan layar mata uang virtual China itu didapat dari uji aplikasi seluler yang dikembangkan oleh salah satu bank terbesar milik China yakni Agricultural Bank of China. Meski demikian, belum ada jadwal resmi kapan yuan digital tersebut siap diluncurkan.

Merespons bocornya gambar Yuan digital ke publik, Lembaga Penelitian Mata Uang Digital, People's Bank of China (PBOC) selaku pengawas pengembangan proyek ini enggan mengomentari tangkapan layar uang digital China tersebut. Pasalnya, hanya mereka yang tahu bagaimana bentuk asli mata uang digital tersebut dan hanya mereka pula yang berhak meluncurkan versi akhirnya.

Tak lama, China pun melakukan uji coba. Uji coba itu dilakukan dengan membagikan 10 juta yuan. Pemerintah China menggelar undian untuk membagikan yuan digital tersebut. Hampir 2 juta orang mendaftar undian, dan sebanyak 50.000 orang memenangkannya.

Para pemenang undian dapat mengunduh aplikasi renminbi digital untuk menerima yuan digital dan membelanjakannya di lebih dari 3.000 merchant di wilayah tertentu di Shenzhen.

Selanjutnya, ATM yuan digital ini pun diluncurkan. Nasabah Agricultural Bank of China wilayah Shenzen pun mulai menukarkan uang dari angpao ke yuan digital.

Dengan diluncurkannya ATM tersebut, nasabah dapat menyetor dan menarik yuan digital melalui aplikasi handphone pintar dan mengonversi uang tunai serta tabungan ke mata uang digital.

Lanjut halaman berikutnya.

Simak juga Video: RI-China Sepakat Dagang Gunakan Rupiah & Yuan

[Gambas:Video 20detik]