Mau Beli Surat Utang Pemerintah Kupon 4,9%, Minimal Punya Uang Rp 1 Juta

Anisa Indraini - detikFinance
Senin, 24 Jan 2022 10:41 WIB
Petugas Cash Center BNI menyusun tumpukan uang rupiah untuk didistribusikan ke berbagai bank di seluruh Indonesia dalam memenuhi kebutuhan uang tunai jelang Natal dan Tahun Baru. Kepala Kantor perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Papua mengungkapkan jumlah transaksi penarikan uang tunai sudah mulai meningkat dibanding bulan sebelumnya yang bisa mencapai penarikan sekitar Rp1 triliun. Sedangkan untuk Natal dan tahun baru ini secara khusus mereka menyiapkan Rp3 triliun walaupun sempat diprediksi kebutuhannya menyentuh sekitar Rp3,5 triliun. (FOTO: Rachman Haryanto/detikcom)
Foto: Rachman Haryanto
Jakarta -

Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Kementerian Keuangan menerbitkan instrumen investasi obligasi negara ritel (ORI) seri 021 atau ORI021. Surat utang ini bisa jadi alternatif investasi bagi masyarakat dan sudah bisa dibeli mulai hari ini.

Masa penawaran ORI021 dibuka mulai hari ini 24 Januari-17 Februari 2022. Kupon atau imbal hasil yang ditetapkan sebesar 4,9% fixed rate atau tetap dengan tenor 3 tahun.

"ORI021 ini merupakan SBN ritel pertama yang ditawarkan di 2022, ini adalah SBN ritel perdana kita. InsyaAllah ini akan membuka jalan untuk bisa lebih baik lagi di 2022," kata Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko, Luky Alfirman dalam Launching ORI021, Senin (24/1/2022).

Luky menyebut ORI021 ini sangat cocok untuk para milenial. Sebab, biaya minimal investasi atau pembelian sangat terjangkau yakni Rp 1 juta.

"SBN ritel dianggapnya suatu instrumen yang canggih dan hanya diperuntukkan seolah-oleh untuk orang kaya. Sekarang generasi milenial jadi pembeli paling besar, sekarang ada di angka 40%, dalam satu instrumen waktu itu pernah bahkan mencapai 50%," tuturnya.

Luky menyebut instrumen surat utang ORI021 memiliki banyak keunggulan. Salah satu keunggulan yang dijanjikan adalah dijamin keamanannya dan dapat diakses dengan mudah.

"ORI021 insyaAllah aman, ini produk pemerintah dijamin oleh undang-undang. Kita juga sudah memasarkan ORI ini menggunakan platform online sangat mudah, jadi calon investor dapat membeli ORI021 ini melalui gadgetnya, semua serba praktis," ujarnya.

Selain itu dengan berinvestasi lewat ORI021, masyarakat tidak hanya sekadar berinvestasi, tetapi juga bisa ikut membangun negeri.

"Dengan membeli ORI021 kita berinvestasi mendapatkan return, tapi juga kita ikut berpartisipasi secara aktif membangun negeri karena ORI021 dipakai untuk pembiayaan APBN, membeli vaksin, membiayai pendidikan, itulah pemanfaatan dari ORI021 ini," imbuhnya.

Proses pemesanan pembelian ORI021 dilakukan secara online setidaknya melalui empat tahap yaitu registrasi atau mendaftar, pemesanan, pembayaran, dan settlement atau konfirmasi. Pemesanan pembelian disampaikan melalui sistem elektronik yang disediakan mitra distribusi yang memiliki interface dengan sistem e-SBN.



Simak Video "BPJS Ketenagakerjaan Investasikan Mayoritas Dana JHT ke Surat Utang Negara"
[Gambas:Video 20detik]
(aid/zlf)