Jokowi Sentil Bank Kucurkan Kredit ke UMKM Cuma 20%, BRI Berapa?

Trio Hamdani - detikFinance
Kamis, 03 Feb 2022 10:58 WIB
BUMN percetakan uang, Perum Peruri dibanjiri pesanan cetak uang dari Bank Indonesia (BI). Pihak Peruri mengaku sangat kewalahan untuk memenuhi pesanan uang dari BI yang mencapai miliaran lembar. Seorang petugas tampak merapihkan tumpukan uang di cash center Bank Negara Indonesia Pusat, kawasan Sudirman, Jakarta, Senin (21/10/2013). (FOTO: Rachman Haryanto/detikFoto)
Foto: Rachman Haryanto
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) belum lama ini mengungkapkan porsi kredit untuk UMKM yang disalurkan bank di Indonesia masih sangat kecil. UMKM hanya diberikan 20% dari total kredit yang disalurkan perbankan.

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI adalah salah satu bank yang memberikan kredit kepada UMKM dalam porsi jumbo, yaitu 83,86% dari total kredit yang mereka salurkan.

"Proporsi kredit UMKM BRI pun terus membaik terutama karena memang aspirasi kita ingin fokus di UMKM dan sekarang porsi kredit UMKM telah mencapai 83,86%," kata Direktur Utama BRI Sunarso dalam teleconference, Kamis (3/2/2022).

Dia menjelaskan porsi kredit untuk UMKM akan terus ditingkatkan. Bank pelat merah itu menargetkan porsi pinjaman untuk UMKM mencapai 85% pada 2024.

"Jadi ini suatu angka yang untuk saya sangat membanggakan karena selama ini bank UMKM ini terus terang saja porsi UMKM-nya sekitar 75%, paling tinggi 78%, dan sekarang kita benar-benar fokus kepada UMKM sehingga sekarang sudah bisa kita tingkatkan porsi UMKM kita menjadi 83,86% dan itu pun belum cukup, kita akan terus dorong porsi UMKM ini mencapai 85%," jelasnya.

Sunarso menyebutkan total kredit dan pembiayaan oleh BRI group telah menembus angka Rp 1.042,87 triliun, didominasi oleh UMKM.

"Jika dirinci, segmen mikro masih mendominasi penyaluran kredit di BRI dengan nominal Rp 483,89 triliun, kemudian disusul oleh segmen UKM/kecil dan menengah itu Rp 240,35 triliun, kemudian segmen korporasi Rp 168,27 triliun, segmen konsumer itu Rp 150,35 triliun," jelasnya.

Lihat juga Video: Demi Membangkitkan Ekonomi Desa, BRI Selenggarakan Program Desa Brilian

[Gambas:Video 20detik]