Taspen-Pos Indonesia Sediakan Layanan Digital buat Ambil Uang Pensiun

Yudistira Perdana Imandiar - detikFinance
Rabu, 23 Feb 2022 20:25 WIB
PT TASPEN (Persero) bersinergi dengan PT Pos Indonesia (Persero) dalam rangka digitalisasi pelayanan dan pembiayaan pensiun.
Foto: Yudistira Perdana Imandiar/detikcom
Jakarta -

PT TASPEN (Persero) bersinergi dengan PT Pos Indonesia (Persero) dalam rangka digitalisasi pelayanan dan pembiayaan pensiun. Sinergi ini diharapkan dapat menyempurnakan ekosistem layanan dan pembiayaan pensiun serta mempermudah pembayaran klaim.

Menandai sinergi tersebut, Direktur Utama PT Taspen A.N.S Kosasih dan Direktur Utama PT Pos Indonesia Faizal Rochmad Djoemadi menandatangani draft Perjanjian Kerja Sama di Gedung Taspen, Jakarta, Rabu (23/2/2022) dengan menerapkan protokol kesehatan.

Digitalisasi ini mencakup pembayaran Tabungan Hari Tua, pensiun, Jaminan Kecelakaan Kerja, dan Jaminan Kematian melalui rekening, serta pelayanan dan pembiayaan pensiun.

Kosasih menyampaikan kerja sama ini diharapkan dapat mendongkrak kesejahteraan para pensiunan yang termasuk dalam Daftar Pembayaran PT Pos Indonesia (Persero). Dengan begitu proses layanan, pembiayaan dan pembayaran klim kepada para Peserta TASPEN dapat lebih mudah dan cepat.

"Kerja sama ini merupakan bukti nyata bahwa TASPEN terus berupaya melakukan inovasi digital untuk melayani seluruh Peserta TASPEN di seluruh Indonesia. Hal ini selaras dengan misi TASPEN yang berkomitmen untuk selalu memberikan layanan terbaik dan andal serta unggul dalam inovasi bisnis dan transformasi digital. Dengan jaringan kantor cabang POSINDO yang ada di seluruh pelosok Indonesia, TASPEN optimistis dapat meningkatkan kualitas layanan dan jangkauan pelayanan sehingga dapat meningkatkan kepuasan peserta di seluruh Indonesia," ujar Kosasih.

Ia menambahkan kerja sama ini merupakan upaya TASPEN dan Pos Indonesia dalam meningkatkan kualitas layanan andal dan memudahkan para pensiunan ASN, khususnya yang berada di daerah pelosok. Sebagai perusahaan yang peduli dengan keamanan dan kesehatan para pesertanya, lanjut Kosasih, TASPEN dan Pos Indonesia menerapkan solusi digitalisasi ini guna memastikan tidak terjadinya kerumunan saat pengambilan dana pensiun di loket pembayaran Posindo.

Kosasih mengungkapkan Pos Indonesia merupakan mitra pertama TASPEN dalam pembayaran uang pensiun bagi peserta. Di era digital ini, kedua perusahaan sepakat untuk meningkatkan kualitas layanan lewat digitalisasi.

"Sesuai dengan 5 Pilar BUMN, di mana salah satu dari 5 Pilar itu adalah kepemimpinan dalam hal teknologi, kami di Taspen sangat bersyukur hari ini bisa bersama-sama berkolaborasi dengan PT Pos Indonesia dalam core value kita AKHLAK, kita benar-benar berkolaborasi secara harmonis," kata Kosasih dalam sambutannya.