Ini Dia Uang Koin Termahal RI, Pecahan Rp 850 Ribu Bergambar Pak Harto

Kholida Qothrunnada - detikFinance
Kamis, 24 Feb 2022 11:27 WIB
Uang Koin Khusus
Foto: Dok. Bank Indonesia
Jakarta -

Bank Indonesia (BI) ternyata pernah mengeluarkan uang koin logam edisi khusus pecahan Rp 850.000. Uang koin pecahan Rp 850 ribu ini ternyata menjadi uang termahal yang dikeluarkan oleh BI.

Melansir situs BI, Kamis (24/2/2022), uang koin termahal pecahan Rp 850 ribu itu, diterbitkan pada tahun 1995. Penerbitanya dilakukan dalam rangka peringatan kemerdekaan RI ke-50.

Detail uang koin termahal Indonesia itu, bergambar belakang Presiden ke-2 RI yakni Soeharto, dengan logo DHN - 45 serta 50 bintang melingkari gambar utama Teks "LIMA PULUH TAHUN KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA".

Lalu, gambar muka uang koin termahal RI itu ada lambang negara burung garuda dengan 50 bintang melingkari gambar utama teks "BANK INDONESIA"

Uang Koin KhususUang Koin Khusus Foto: Dok. Bank Indonesia

Istimewanya uang koin bergambar Presiden Soeharto itu berbahan dasar dari emas dengan menggunakan teknik cetak proof. Bahan logam emas itu berkadar 23 karat, berat 50 gram, diameter 35mm, dan ketebalan 2,78mm.

Uang koin termahal Indonesia tersebut, telah masuk ke dalam daftar uang koin khusus yang pernah diterbitkan BI.

Kemudian bagian sampingnya terdapat 5 (lima) buah garis di empat tempat yang berbeda. Logo perum peruri bagian samping Teks "50 g" dan nomor seri yang terdiri dari 5 angka.

Itu tadi informasi terkait uang koin termahal RI bergambar Soeharto yang berbahas dasar emas. Detikers tertarik untuk memilikinya?

Simak juga Video: 8 Tahun Menabung, Polisi Cianjur Beli Motor Pakai Uang Koin Rp 22 Juta

[Gambas:Video 20detik]




(fdl/fdl)