Allianz Hadirkan Digitalisasi Asuransi Kesehatan di Indonesia

Sponsored - detikFinance
Senin, 28 Mar 2022 13:23 WIB
Allianz Arena
Foto: Allianz
Jakarta -

Sudah bukan rahasia lagi jika di era digital seperti saat ini banyak perusahaan yang mulai mendigitalisasikan produk dan bisnisnya. Hal itulah yang turut dilakukan oleh Allianz, perusahaan asuransi kesehatan terkemuka dengan jumlah nasabah lebih dari 100 juta di seluruh dunia.

Tak mau ketinggalan, Allianz juga meluncurkan digitalisasi program asuransi kesehatan dan asuransi di Indonesia. Salah satu langkah yang dilakukan oleh Allianz dalam hal ini diimplementasikan melalui proses end-to-end untuk pelayanan optimal. Mulai dari pembelian polis hingga proses klaim yang akan dilakukan oleh nasabah. Selengkapnya, cek informasi berikut.

Mengenal Allianz Indonesia

Sebagai informasi, Allianz adalah perusahaan asuransi yang berbasis di Jerman dan sudah berdiri sejak tahun 1890. Hingga kini, Allianz telah memiliki banyak cabang bisnis yang tersebar di berbagai penjuru dunia, termasuk di Indonesia.

Allianz Indonesia pertama kali didirikan pada tahun 1981. Di mana pada saat itu operasional bisnis ini hanya melalui sebuah kantor perwakilan. Tahun 1989, Allianz mendirikan sebuah Perseroan Terbatas (PT) Asuransi Allianz Utama Indonesia dengan kategori sebuah perusahaan asuransi umum.

Perjalanan Allianz kemudian berlanjut ketika Allianz mencoba memasuki bisnis asuransi kesehatan, asuransi jiwa, dan asuransi dana pensiun. Bisnis tersebut dijalankan lewat PT Asuransi Allianz Life Indonesia yang resmi beroperasi pada tahun 1996.

Seakan tak mau berhenti berinovasi, perusahaan ini kemudian meluncurkan produk asuransi syariah di Indonesia. Produk asuransi tersebut merupakan hasil kerja sama antara Allianz Utama dan Allianz Life pada tahun 2006 silam.

Hal inilah yang membuat Allianz kemudian terus bertumbuh hingga dapat memberikan pelayanan dan proteksi terhadap semua nasabah. Termasuk kemudahan dalam hal pengajuan klaim.

Kini, Allianz Indonesia telah memiliki lebih dari 1.300 karyawan yang tersebar di seluruh Indonesia. Tidak hanya itu, Allianz juga memiliki lebih dari 34.000 agen pemasar, jaringan mitra perbankan serta mitra distribusi lainnya.

Berdasarkan data 2020 lalu, Allianz memiliki lebih 657 ribu nasabah dengan total tertanggung lebih dari 8,3 juta orang. Jumlah tersebut terus bertambah seiring dengan perkembangan inovasi yang ditawarkan oleh Allianz Indonesia itu sendiri.

Klik halaman selanjutnya >>> Produk Asuransi yang Ditawarkan Allianz