Pegawai Digantikan Komputer, Bos BRI Janji Tak Ada PHK

ADVERTISEMENT

Pegawai Digantikan Komputer, Bos BRI Janji Tak Ada PHK

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Rabu, 30 Mar 2022 16:35 WIB
Gedung Pusat Bank BRI
Foto: Ari Saputra
Jakarta -

nPositifnya, layanan bank akan semakin cepat. Namun tak dipungkiri, digitalisasi menggantikan sejumlah pekerjaan yang mulanya dilakukan oleh manusia.

Merespons hal tersebut, Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Sunarso memastikan, tidak akan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) pada karyawan. Dia mengatakan, pegawai yang pekerjaannya digantikan oleh komputer akan diarahkan untuk menjadi penyuluh digital.

"Digitalisasi kami commit untuk tidak PHK, terutama pegawai tetap. Terus pegawai yang pekerjaannya diambil oleh komputer, pegawainya kita dorong ke depan untuk menjadi penyuluh digital sekaligus marketing," katanya dalam rapat dengar pendapat (RDP) Komisi VI, Rabu (30/3/2022).

Dia mengatakan, ada tiga tugas penyuluh digital ini. Pertama, mengajari masyarakat untuk membuka rekening secara digital. Kedua, mengajari masyarakat bertransaksi secara digital.

"Ketiga mengajari masyarakat dan mewanti-wanti, hati-hati terhadap kejahatan digital, skimming lah, rekayasa sosial dan lain-lain," ujarnya.

Meski demikian, Sunarso mengakui membuat masyarakat terjun ke digital bukan perkara mudah. Dia bilang, terpenting adalah mengajari masyarakat.

"Maaf saya katakan tidak gampang, bukan hanya sekadar kita membuat platform, membuat aplikasi, tetapi mengajari masyarakat itu penting. Maka jangan buru-buru melepas aplikasi," katanya.



Simak Video "Polisi Gerebek Markas Komplotan Hacker Nasabah Bank di Lampung"
[Gambas:Video 20detik]
(acd/zlf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT