BCA Ganti 100% Uang Nasabah yang Kena Skimming

ADVERTISEMENT

Terpopuler Sepekan

BCA Ganti 100% Uang Nasabah yang Kena Skimming

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Sabtu, 02 Apr 2022 15:45 WIB
Gedung BCA
Foto: Dok. PT Bank Central Asia Tbk
Jakarta -

Beberapa waktu lalu seorang nasabah PT Bank Central Asia (BCA) Tbk atas nama Hebbie Agus Kurnia mengalami kejadian yang tidak menyenangkan.

Uang sebesar Rp 135 juta hilang karena skimming. Pihak BCA melakukan penggantian 100% uang tersebut karena sesuai hasil investigasi nasabah menjadi korban skimming.

"Dari hasil investigasi kami bukan kesalahan nasabah," kata Presdir BCA Jahja Setiaatmadja.

Jahja mengatakan BCA telah melakukan investigasi dan menghubungi nasabah yang kehilangan uang. Dari investigasi, ditemukan terjadi skimming di bank lain. Kepada nasabah BCA juga sudah sampaikan akan memberikan penggantian 100%.

"Nasabah berterima kasih atas proses investigasi BCA. Nasabah info akan segera memberikan klarifikasi ke media," tambah Jahja.

Lebih lanjut, Jahja mengingatkan agar nasabah jangan pernah memberikan PIN sembarangan. Selain itu jangan menggunakan PIN yang mudah dipikirkan orang lain, seperti dari tanggal lahir atau angka yang mudah diprediksi lainnya. Contohnya 1111 dan 1234.

"Jangan kasih OTP pada siapapun juga, jangan lalai simpan kartu, saat pencet di ATM tutupin jari kita," pesannya.

Sebelumnya, heboh di media sosial Twitter dan Instagram uang nasabah BCA hilang mendadak hingga Rp 135 juta.

Masalah Nasabah Selesai

Dalam akun Instagramnya, Hebbie @hebosto mengungkapkan jika uang tabungannya akan kembali 100%. "Setelah investigasi mendalam oleh pihak BCA, ternyata kartu ATM saya terkena skimming. Tapi alhamdulillah pihak BCA sudah bertanggung jawab dan memenuhi janjinya untuk mengembalikan 100% tabungan saya yang hilang. Terimakasih atas kerjasama dan pelayanannya @goodlifebca," jelas dia.

Hebbie juga meminta kepada nasabah yang mengalami hal serupa, untuk melengkapi berkas yang diminta oleh pihak BCA dan buat surat bukti lapor polisi supaya skala prioritas penanganannya naik.

"Saya secara pribadi sudah sampaikan kepada pihak BCA untuk mengusut juga para korban yang mengalami kejadian yang sama persis seperti saya. Saya sangat berharap agar kerugian kalian juga bisa diganti 100% dan semoga dengan kejadian ini kalian mendapat gambaran kinerja bank BCA yang seharusnya," jelas dia.

(kil/eds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT