ADVERTISEMENT

Lengkap! Ini Jadwal, Lokasi & Syarat Penukaran Uang buat Lebaran

Anisa Indraini - detikFinance
Selasa, 05 Apr 2022 06:00 WIB
Jelang Hari Raya Idul Fitri 1440 H, banyak bermunculan jasa penukar uang baru di Kota Bandung, Jawa Barat. Seperti terlihat di Jalan Wastukencana, Kota Bandung.
Foto: Wisma Putra/detikcom
Jakarta -

Bank Indonesia (BI) bekerja sama dengan perbankan kembali membuka layanan tukar pecahan uang rupiah selama periode Ramadan 2022. Layanan ini disebut kas keliling yang tersedia di berbagai titik di Tanah Air.

Jadwal Penukaran Uang

Kepala Departemen Pengelolaan Uang (DPU) BI, Marlison Hakim mengatakan layanan penukaran uang melalui kas keliling BI sudah bisa dipesan hari ini melalui website PINTAR sampai 29 April 2022.

"Masyarakat sudah bisa melakukan pemesanan hari ini, tapi layanan kasnya baru bisa dilakukan besok karena kita siapkan kebutuhannya untuk H-1 sebelum pemesanan," kata Marlison dalam konferensi pers virtual, Senin (4/4/2022).

Selain BI, penukaran uang juga dilakukan oleh perbankan yang bekerja sama sebanyak 262 bank di seluruh Indonesia. Berbeda dengan sebelumnya, mobil kas perbankan baru beroperasi dua pekan sebelum Lebaran atau 18-29 April 2022.

"Kegiatan layanan penukaran uang ini akan mendekati puncak pada 2 minggu sebelum Lebaran sehingga kegiatan mobil kas keliling perbankan akan dimulai pada 18-29 April 2022," bebernya.

Lokasi Penukaran Uang

Khusus penukaran uang melalui layanan kas keliling BI, masyarakat diminta melakukan pemesanan online terlebih dahulu melalui website PINTAR. Dengan begitu masyarakat semakin nyaman, mudah, dan memperoleh kepastian jumlah serta kualitas uang yang ditukarkan.

Melalui website PINTAR, masyarakat jadi tahu harus melakukan penukaran uang di mana BI beroperasi. Caranya tinggal buka website PINTAR, lakukan pemesanan dengan memilih menu untuk penukaran melalui kas keliling, pilih lokasi, jam, dan jumlah uang yang mau ditukar.

"Sehingga masyarakat pada waktunya nanti membawa bukti pemesanan datang kepada lokasi yang dituju, jam yang dituju dengan mengubah uang sesuai penukaran dan saat itu juga dilayani. Sehingga masyarakat tidak perlu lagi berdesak-desakan dan mencari di mana mobil kas keliling BI beroperasi," bebernya.

Penukaran uang rupiah tersebar di 5.013 titik penukaran meliputi 453 titik penukaran di wilayah Jabodebek dan 4.560 di luar wilayah Jabodebek yang dapat diperoleh masyarakat.

Untuk penukaran uang di mobil kas perbankan, bisa dilakukan langsung di berbagai lokasi yang disediakan. Khusus di Jabodebek dilakukan di Stasiun Gambir, Stasiun Senen, Terminal Kampung Rambutan, Terminal Pulo Gebang dan Terminal Kalideres.

"Masing-masing tempat ada 3 bank. Stasiun Gambir ada BRI, BJB, BTN. Terminal Kampung Rambutan ada BCA, Bank OCBC NISP, CIMB Niaga. Terminal Pulo Gebang ada Bank Mandiri, Bank Mega, Bank Permata. Terminal Kalideres ada BNI, Sinarmas dan Maybank," jelasnya.



Simak Video "Kantor Perwakilan BI Yogyakarta Siapkan Tukar Uang Sejumlah Rp 4.255 T"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT