Cek Status BPJS Kesehatan Aktif atau Tidak, Begini 4 Caranya

Ilyas Fadilah - detikFinance
Rabu, 04 Mei 2022 18:00 WIB
BPJS Kesehatan: Paradoks Asimetri Informasi
Cara Cek Status BPJS Kesehatan Aktif Atau Tidak/Foto: detik
Jakarta -

Kartu BPJS Kesehatan terkadang tidak bisa digunakan karena statusnya yang tidak aktif. Salah satu alasannya adalah karena lama tidak dipakai sehingga lupa membayar iuran. Begini cara cek status BPJS Kesehatan aktif atau tidak.

Oleh karena itu masyarakat sebaiknya mengecek status kartu BPJS mereka secara berkala. Hal ini demi memastikan bahwa BPJS dapat digunakan saat benar-benar dibutuhkan. Adapun cara mengetahui kartu BPJS masih aktif atau tidak dapat dilakukan mandiri lewat 4 cara berikut.

1. WhatsApp

Keaktifan status kartu BPJS bisa dicek menggunakan Whatsapp. Caranya adalah mengirim pesan ke nomor 0811-8750-400. Akan ada petugas yang memandu peserta untuk pengecekan data.

2. SMS

Peserta BPJS juga bisa mengecek status kartu melalui SMS dengan cara ketik Nomor Induk Kependudukan (NIK) atau Nomor Kartu BPJS Kesehatan, lalu kirim ke nomor layanan BPJS yaitu 087777-5500-400.

3. Website

Selain itu, cara cek kepesertaan BPJS Kesehatan juga bisa melalui website https://daftar.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs-checking/. di website tersebut peserta harus mengisi data yang diminta berupa nomor kartu BPJS Kesehatan, tanggal lahir, dan angka validasi.

Setelah mengisi semua data klik 'cek' dan data pembayaran akan keluar. Data itu akan menunjukkan nama peserta, jumlah anggota keluarga yang ikut, hingga status kartu BPJS Kesehatan masih aktif atau tidak.

4. Aplikasi

Cara terakhir untuk mengecek status aktif kartu BPJS Kesehatan bisa dengan mengunduh aplikasi 'Mobile JKN'. Aplikasi ini dapat diunduh dari Play Store secara gratis.

Setelah aplikasi terpasang, tinggal ikuti langkah registrasinya dengan memasukkan nomor kartu BPJS dan alamat email. Kemudian, klik 'Login' dan pilih menu Tagihan, lalu Premi.

Setelah itu pengguna akan mendapat informasi terkait keaktifan status BPJS Kesehatan, termasuk biaya tagihan yang harus dibayar. Dengan cara ini masyarakat tidak perlu mendatangi kantor BPJS untuk untuk mengetahui status aktif keanggotaan mereka.

Demikian cara cek status BPJS Kesehatan aktif atau tidak untuk para peserta.

(fdl/fdl)